Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Pencarian Rumah Lewat Internet Saat Sahur Ramadhan Meningkat

Selasa 14 Mei 2019 01:00 WIB

Red: Nidia Zuraya

Pameran Perumahan

Pameran Perumahan

Foto: dok.Republika
Jumlah pencarian rumah naik hingga tiga kali lipat dibandingkan di luar Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencarian rumah atau properti lewat internet tercatat mengalami peningkatan di tiga waktu tertentu di bulan Ramadhan. Head of Real Estate Category OLX Indonesia Ignasius Ryan Hasim menyebut ketiga waktu yang mengalami peningkatan itu antara lain setelah sahur, saat jam makan siang serta setelah tarawih.

"Di bulan Ramadhan, calon pembeli mencari rumah saat setelah sahur, siang hari saat istirahat makan siang dan setelah tarawih. Ini kami melihat ada lonjakan," katanya dalam paparan di Jakarta, Senin (13/5).

Ignasius menuturkan, berdasarkan data yang dihimpun dari jejak pencarian di e-commerce itu, dibandingkan pencarian calon pembeli pada 30 April 2019 atau sebelum Ramadhan dengan 7 Mei 2019 atau setelah Ramadhan. "Hitungan kasar, saat Ramadhan, pencarian mencapai hingga 70 ribu pencarian. Itu di jam 04.00-04.30 atau setelah sahur," katanya.

Jumlah pencarian itu, naik hingga hampir tiga kali lipat dibandingkan pencarian di jam yang sama sebelum Ramadhan yang hanya mencapai 25 ribu pencarian. "Peningkatannya hampir tiga kali lipat, ini yang paling signifikan," kataIgnasius.

Sementara itu, pencarian properti juga mengalami peningkatan di jam makan siang selama bulan Ramadhan. "Peningkatannya dari hari biasa sekitar 125 ribu pencarian menjadi 140 ribu pencarian," katanya.

Sedangkan pencarian paling tinggi terjadi di waktu setelah tarawih sekitar pukul 20.30 dari hari biasa sekitar 140 ribu menjadi 150 ribu pencarian. "Jumlahnya memang paling tinggi setelah tarawih tapi peningkatan paling tinggi setelah sahur," katanya.



Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA