Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Qibla Finder Google Mudahkan Cari Arah Kiblat Kala Mudik

Kamis 16 Mei 2019 18:43 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Christiyaningsih

Arah kiblat, ilustrasi

Arah kiblat, ilustrasi

Mendekati musim mudik Lebaran tahun ini, Google memperkenalkan Qibla Finder

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Muslim yang sedang dalam perjalanan seringkali tidak tahu menentukan arah kiblat saat akan salat. Karena itulah mendekati musim mudik Lebaran tahun ini, Google memperkenalkan Qibla Finder. Qibla Finder merupakan fitur pencari arah kiblat bagi mereka yang sedang dalam perjalanan.

Qibla Finder Google ini berbeda dengan yang lain karena dilengkapi fitur augmented reality yang membuat pengguna semakin jelas mengetahui arah kiblat,” ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami di Jakarta, Kamis (16/5).

Veronica menjelaskan bagaimana pengguna dapat memanfaatkan Qibla Finder. Pertama Anda cukup mencari arah kiblat di Google Search dengan mengetik kata 'Ramadan', 'bulan Ramadan', atau 'Puasa'.

Selanjutnya akan muncul tab di paling atas halaman awal pencarian yang disebut Box Ramadan. Di sini terdapat dua fitur yakni Arah Kiblat dan Jadwal Salat. Setelah itu, pilih arah kiblat.

Selanjutnya pilih bahasa dan tekan tombol Mulai. Setelah itu tekan tombol Oke. Jika browser meminta izin untuk mengkases fitur kamera dan lokasi, tekantombol Izinkan. Agar petunjuk arah bisa seakurat mungkin, lakukanlah kalibrasi kompas. Selanjutnya browser akan menampilkan sebuah kompas dengan garis biru yang menuju ke arah Kiblat.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA