Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Empat Cara Menikmati Liburan saat Puasa Ramadhan

Sabtu 11 Mei 2019 17:18 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Didi Purwadi

Sejumlah siswi membaca buku sekaligus menulis di Perpustakaan Nasional. (ilustrasi)

Sejumlah siswi membaca buku sekaligus menulis di Perpustakaan Nasional. (ilustrasi)

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Staycation (stay vacation) jadi salah satu cara mengisi liburan di bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah bulan suci yang dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Tak ketinggalan masyarakat Indonesia dengan populasi Muslim terbesar di dunia, tentunya sudah siap merayakan bulan suci ini.

Kebetulan tahun ini momennya bertepatan dengan musim liburan sekolah. Bingung menghabiskan waktu liburan sekolah selama bulan puasa? Seperti dikutip dari rilis Oyo Hotel yang diterima Republika.co.id, berikut empat aktivitas seru yang bisa Anda lakukan untuk menghibur buah hati tanpa perlu khawatir menghabiskan banyak energi saat berpuasa.

> Escape Room

Nikmati petualangan baru di dalam ruangan, terhindar dari panasnya matahari di tengah bulan Ramadhan. Tantang pengetahuan dan kreativitas Anda dalam menyelesaikan berbagai misteri di Pandora Experience atau bermain peran sebagai detektif dan selesaikan misteri dan teka-teki di Escape Hunt Experience. Anda dan anak-anak akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

> Museum

Museum dapat memberikan pengalaman yang menarik untuk keluarga Anda pada bulan Ramadhan. Salah satunya adalah Museum Modern and Contemporary Arts in Nusantara (MACAN) di Jakarta yang memiliki instalasi seni paling unik di Indonesia. Beri anak Anda pengalaman seru dan berkesan untuk melihat berbagai instalasi seni dari para seniman lokal maupun internasional.

> Perpustakaan

Ingin aktivitas yang lebih edukatif ketika sedang berpuasa? Anda bisa ajak anak dan keluarga Anda ke perpustakaan untuk membaca dan berimajinasi di dunia cerita, dongeng dan fantasi, sembari menikmati atmosfer dan arsitektur dari bangunan perpustakaan itu sendiri. Dikenal sebagai perpustakaan nasional tertinggi di dunia dengan total 27 lantai, Perpustakaan Nasional Indonesia di Jakarta adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Dengan ribuan koleksi buku, Anda juga dapat menikmati pemandangan indah dari balkon yang menghadap ke Monumen Nasional (Monas). Lokasinya juga mudah diakses dengan transportasi umum seperti Busway dan MRT Jakarta yang baru saja diresmikan.

> Staycation

Masih bingung kemana membawa buah hati Anda selama liburan sekolah di kala Ramadan? Kenapa tidak mencoba staycation (stay vacation) sebagai salah satu cara mengisi liburan di masa bulan suci Ramadhan. Konsep liburan singkat cukup dengan menginap di hotel di kota tempat Anda tinggal yang kini tengah menjadi tren.

Tanpa perlu repot menyusun rencana perjalanan, menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga sambil menikmati suasana baru dan beragam fasilitas yang tersedia di hotel bisa menjadi pilihan aktivitas yang sangat menyenangkan. Nyaman bukan?

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA