Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Empat Langkah Tinggalkan Hubungan Asmara Tidak Sehat

Sabtu 11 May 2019 05:00 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Christiyaningsih

Pasangan menjauh (ILustrasi)

Pasangan menjauh (ILustrasi)

Foto: Boldsky
Bertahan terus menerus dalam hubungan yang tidak sehat bukan keputusan yang bijak

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Bertahan terus menerus dalam hubungan yang tidak sehat bukanlah keputusan yang bijaksana. Tidak seorang pun layak diabaikan, tidak dihargai, dan berulang kali menghadapi ketidakdewasaan pasangan.

Baca Juga

Anda mungkin telah berusaha sebisa mungkin menyelamatkan hubungan buntu seperti ini namun hal buruk kembali terulang. Justru rasa sakit yang Anda rasakan terus berlanjut. Berikut adalah empat langkah meninggalkan hubungan tidak sehat dilansir Psychology Today, Jumat (10/5).

1. Berani merasa sakit

Meninggalkan pasangan yang pernah dicintai pastinya ada rasa sakit. Namun, keberanian ini membuat Anda mengatasi rasa sakit lebih cepat ketimbang terus bertahan dan merasakan sakit terus menerus.

Jika dalam hati Anda masih berkata 'Aku masih mencintainya' namun apakah dia punya perasaan sama dan mengerti cara mencintai Anda dengan pantas? Jika dalam hati Anda masih berkata 'Aku masih merindukannya', apakah dia dengan kepribadiannya seperti bisa membahagiakan Anda?

2. Putuskan dan selesai

Putuskan hubungan dan selesaikan semuanya dengan bertatap muka. Jika Anda benar-benar ingin keluar dari hubungan buntu ini, Anda harus berani melakukan kontak mata dengan pasangan Anda.

Jangan membalas pesan 'Malam, aku juga merindukanmu' setelah si dia mengirim pesan bahwa dia merindukan Anda. Jangan terima panggilan telepon atau permintaan video call darinya. Hapus semua koneksi dengannya, terkhusus di media sosial setelah hubungan berakhir.

Jika tempat tinggal atau tempat Anda dan dia bekerja berdekatan, saat bertemu tetaplah bersikap ramah tapi jangan beri harapan menyambung hubungan lama. Jangan mudah dimanipulasi perasaan. Ingatkan diri Anda bahwa meninggalkannya adalah penghargaan untuk diri Anda.

3. Mantra selamat tinggal

Anda baru saja meninggalkan pasangan yang kasar dan emosional. Setiap kali Anda sedih, dia mencoba menunjukkan penyesalan mendalam namun kembali mengulangi perbuatannya. Ini tentu saja sangat menjengkelkan.

Anda perlu mengucapkan mantra selamat tinggal yang kuat pada diri sendiri. Katakan 'Dia mungkin baik untuk orang lain, namun dia bukan yang terbaik untukku'. Ucapkan terus perkataan ini dalam hati atau verbal setiap kali Anda tergoda untuk memaafkannya.

4. Kasihani diri sendiri

Kasihanilah diri Anda dengan cara terlepas dari hubungan beracun. Tetap sadar bahwa rasa kehilangan itu akan hilang seiring waktu berjalan. Banyak orang tak bisa menangani putus atau perpisahan dengan cara baik. Empat strategi di atas bisa memandu Anda meninggalkan hubungan buntu dengan kekuatan dan martabat diri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA