Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

3 Cara Efektif ini Mampu Mengatasi Stres

Kamis 09 May 2019 16:52 WIB

Rep: cermati/ Red:

3 Cara Efektif ini Mampu Mengatasi Stres

3 Cara Efektif ini Mampu Mengatasi Stres

Setiap orang harus mampu mengontrol stres yang bisa datang secara tiba-tiba.

Stres menjadi salah satu dari penyebab seseorang menjadi kurang produktif. Semangat menjadi menurun dan hingga pada akhirnya bisa mempengaruhi kesehatan seseorang.

Di sisi lain, stres juga menyebabkan seseorang menjadi lebih konsumtif untuk berbelanja sehingga tanpa disadari keuangan habis. Misalnya, menjadi sering membeli barang-barang yang sifatnya hanya untuk bersenang-senang.

Stres juga salah satu bentuk alami dari respon kondisi tubuh yang mulai merasa lelah berlebihan. Oleh karenanya setiap orang harus mampu mengontrol stres yang kapan dan dimana saja bisa datang secara tiba-tiba. Bila itu terjadi, berikut ini ada cara efektif yang mampu menghilangkan stres.

 

1. Cari Tahu Penyebab Stres

stres
Cari tahu penyebab stres

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah cari tahu apa penyebab stres yang dialami sekarang ini. Mungkin cukup sulit, tapi Anda bisa memulainya dengan menulis hal-hal yang berpotensi menimbulkan stres baik secara fisik atau mental.

Dengan cara sederhana ini juga terbukti ampuh untuk mengurangi stres. Hal tersebut dikarenakan beban yang selalu ingat selama ini mampu disalurkan ke dalam bentuk tulisan.

Baca Juga: Ciri-Ciri Anda Sedang Mengalami Stres Keuangan

2. Jalin Komunikasi dengan Orang Terdekat

orang tua
Jalin komunikasi dengan orang terdekat

Jika stres yang Anda alami sudah semakin berat, jangan ragu untuk membagikannya dengan orang terdekat misalnya saudara atau kedua orang tua. Bukan membagikan rasa stres, melainkan ceritakan beban yang selama ini dialami dan mintalah masukan atau solusi yang terbaik dari mereka.

Baca Juga: Hai Introvert dan Extrovert, Begini Lho Cara Membangun Komunikasi yang Efektif

3. Mengatur Waktu dengan Baik

jam
Mengatur waktu dnegan baik

Pada umumnya, stres juga disebabkan dari seseorang yang tidak dapat mengelola waktunya, baik dalam menyelesaikan pekerjaan di kantor di rumah, hingga kegiatan penting lainnya. Semakin mengulur waktu, maka semakin tinggi pula tingkat stres yang dialami lantaran beban juga semakin banyak.

Mulailah atur waktu dari sekarang dengan baik agar tidak lagi mengalami stres yang berkepanjangan. Berikut ini adalah beberapa gambaran yang bisa dicontoh:

  • Buat Prioritas Pekerjaan

Banyaknya pekerjaan terkadang membuat para pekerja bingung harus mendahulukan pekerjaan yang mana. Hal ini tentunya akan membuang waktu dan pekerjaan bisa selesai lebih lambat. Agar semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu, buatlah daftar prioritas pekerjaan setiap harinya dengan target waktu. Jika pekerjaan satu telah selesai maka Anda bisa melanjutkan pekerjaan yang lainnya.

  • Minta Bantuan

Setiap orang memiliki kapasitas tertentu saat mengerjakan sebuah tugas. Untuk itu, jangan pernah ragu minta bantuan jika yang Anda rasakan terlalu berat sehingga membuat pekerjaan yang lain tertunda-tunda.

  • Jaga Kesehatan

Perlu diperhatikan pula, berikan sedikit waktu untuk mendinginkan pikiran Anda sehingga bisa sedikit rileks saat menghadapi pekerjaan namun tetap fokus untuk mengejar deadline. Selain itu, jangan lupa juga mengkonsumsi makan yang bergizi dan sempatkan melakukan olahraga kecil untuk peregangan badan.

Segera Tangani Stres dengan Baik dan Benar

Perlu diketahui, stres yang tak ditangani dapat mempengaruhi psikologis atau kejiwaan seseorang yang pada akhirnya hanya psikolog yang dapat mengenai keluhan yang Anda rasakan. Oleh karenanya, sebelum menjalar menjadi permasalahan yang besar, cobalah segera menangani stres dengan baik dan benar.

Baca Juga: Hai Milenial Workaholic, Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Stres

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA