Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Sedang Diet, Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Makan

Ahad 05 May 2019 15:13 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani

diet

diet

Beberapa trik yang bisa dicoba agar tidak merusak pola diet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika mencoba menurunkan berat badan, pada umumnya orang disarankan untuk mengurangi makanan yang tidak sehat. Namun sering kali ketika momentum kumpul keluarga, pesta atau berbuka puasa dengan teman, keinginan untuk makan besar tak bisa dikendalikan.

Untuk memastikan kalori yang masuk ke dalam tubuh tetap terjaga dan tidak merusak pola diet, berikut beberapa trik seperti dilansir dari Times of India, Ahad (5/5).

1. Dahulukan makan buah
Selalu makan buah atau apel 15 menit sebelum makan. Buah mengandung jumlah serat yang tinggi dan dapat mengurangi jumlah kalori terkandung dalam makanan itu sekitar 15 persen.

2. Atur menu makanan
Selalu rencanakan makanan kamu sebelumnya. Karena banyak orang yang makan berlebihan karena mereka tidak merencanakan sebelumnya. Misalnya dengan hanya memakan satu jenis makanan yang kaya kalori dan menambahkan makanan lain yang rendah kalori.

3. Jangan langsung makan berat
Lapar saat puasa bisa memperlambat metabolisme, sehingga ketika kamu langsung mengonsumsi banyak kalori makan tubuh akan menimbun kalori ekstra dalam bentuk lemak.

Untuk itu, cobalah untuk makan tajil sebelum makan nasi atau makanan berat lainnya. Misalnya dengan mengonsumsi segenggam kacang sudah cukup menjaga metabolisme tetap di jalur yang benar.

4. Minum cukup air
Selalu minum satu atau dua gelas air sebelum makan. Dengan cara ini kamu tidak akan makan terlalu banyak dan akan bisa mengonsumsi makanan dengan cara yang lebih baik.

5. Gosok gigi dulu
Studi menunjukkan bahwa menghirup minyak atsiri peppermint atau menyikat gigi sebelum makan besar akan membantu mengendalikan nafsu makan. Aroma mint peppermint dikenal untuk menekan rasa lapar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA