Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Serius Hingga Kocak! Ini Kumpulan Cara Menagih Utang ke Teman

Jumat 26 Apr 2019 07:51 WIB

Rep: cermati/ Red:

Serius Hingga Kocak! Ini Kumpulan Cara Menagih Utang ke Teman

Serius Hingga Kocak! Ini Kumpulan Cara Menagih Utang ke Teman

Tagih utang dengan sabar tanpa emosi atau marah-marah yang bisa buat perselisihan.

Dalam hubungan pertemanan, tentunya akan saling membantu bila salah satu diantaranya sedang membutuhkan bantuan. Sering kali bantuan ini berupa pinjaman alias utang untuk memenuhi kebutuhan pribadinya dikala sedang tidak memiliki uang.

Di situasi yang seperti ini, tentunya Anda yang memberikan pinjaman ke teman pasti ada rasa serba salah. Contohnya “kalau nggak dikasih pinjam nanti teman marah, tapi kalau dikasih pinjam nanti susah pas ditagihnya”.

Ya, soal tagih menagih utang ini adalah kegiatan yang susah-susah gampang, tergantung dari yang punya utang. Namun, seringkali karena persoalan menagih utang hubungan pertemanan bisa menjadi berantakan. Pernyataannya ini pastinya tak sedikit orang yang akan menyetujuinya karena diantara mereka tentu pernah atau sering mengalaminya.

Jangan pusing, masih banyak jalan menuju roma begitupun dalam menagih utang. Meski terlihat serius hingga kocak, mungkin cara menagih utang berikut ini yang telah dikumpulkan cermati.com dari berbagai sumber bisa dipraktikan langsung.

 

Coba Secara Langsung

debkolektor
Nagih utang secara langsung

1. Kasih Tahu Kebutuhan Anda

Teman saja bisa meminjam uang kepada Anda disaat mereka sedang membutuhkan sesuatu, kenapa Anda tidak mencoba sebaliknya? Jika sedang membutuhkan sesuatu bilang langsung saja ke teman yang punya utang.

Misalnya, “Laptop error terus nih, ngerjain tugas jadi keganggu. Harus buru-buru di service. Tapi uangnya kurang terus”

Bisa dibilang cara ini adalah ‘kode keras’ dalam menagih utang, siapa tahu teman langsung peka terhadap kebutuhan Anda dan langsung mengembalikan utangnya.

2. Berani Terus Terang

Dalam nagih utang terkadang kita juga harus punya mental baja bila utang tak kunjung dikembalikan, salah satunya nagih dengan terus terang. Misalnya, “Sudah terlalu lama nih uang tidak dibalikkan. Kapan bisa balikan uang yang dipinjam?”.

Cara ini Anda juga bisa memberikan batas waktu untuk mengembalikan utangnya, seperti “uang dikembalikan tanggal 25 bulan ini ya. Jangan meleset, mau bayar tagihan yang lain’.

Memang agak sedikit menyeramkan ya, tapi mau bagaimana lagi? Tapi ingat ya, lakukan cara ini dengan tegas bukan secara emosional agar utang dibayar dan hubungan pertemanan tetap berjalan aman.

Baca Juga: Ini Tips Pinjam Uang Online Supaya Tak Terlilit Utang

Lewat Chat

Bila Anda ada rasa nggak enak menagih utang secara langsung, tenang masih ada cara lain, yaitu melalui chat. Bingung bagaimana memulainya, nih contoh berikut bisa dicoba:

1. Utang Meringankan Beban di Akhirat

 nagih utang

2. Kasih Perhatian Dulu Biar Bisa Bayar Utang

nagih utang

3. Sampai dihempas dari Group Chat, loh!

nagih utang 3

4. Dikira Mau Ungkapin Perasaan, Eh Nagih Utang

nagih utang

5. Walau Sudah Putus, Utang Tetap harus Dibayar dong

nagih utang

6. Coba dengan Kaidah-kaidah Agama

nagih utang

Baca Juga: Cara Jitu Melunasi Kartu Kredit Agar Bebas Utang

Nyindir di Media Sosial

Biasanya bila sudah lelah dalam menagih utang, Anda tentunya tidak tinggal diam. Kesal, marah dan tak bisa berbuat apa-apa lagi, tapi tak menutup kemungkinan Anda tidak nyindir-nyindir teman yang punya utang di media sosial, kan?

1. Sampai Hafal Respon Setiap Harinya, ya!

nagih utang

2. Dibuatkan Lagu Khusus, nih!

nagih utang

3. Main Tebak-Tebakan, yuk!

nagih utang

4. Hidup Sosialita, tapi Utang Masih Ada

nagih utang

Nagih Utang Lakukan dengan Bijak

Gambar-gambar di atas hanyalah berupa kumpulan mame hiburan saja ketika menagih utang ke teman, jadi tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya, membantu teman meminjamkan uang memang adalah hal yang baik, tapi sebelum itu pastikan terlebih dahulu kalau keuangan Anda dalam kondisi yang aman.

Kemudian saat menagihnya tetaplah dengan bijak. Artinya dengan sabar tanpa perlu emosi atau marah-marah yang bisa menimbulkan perselisihan. Disini Anda juga bisa memberlakukan sistem cicil untuk meringankan beban teman ketika mengembalikan uang.

Baca Juga: 6 Keuntungan Melakukan Pelunasan Utang Lebih Cepat

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA