Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Tiga Cara Atasi Kerontokan Rambut

Selasa 23 Apr 2019 09:47 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

Menyisir rambut/ilustrasi

Menyisir rambut/ilustrasi

Foto: beautythroughstrength.com
Ada tiga cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerontokan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDNEY -- Kerontokan rambut merupakan hal yang normal. Namun, jika rambut rontok terlalu banyak maka sebaiknya mencari pertolongan medis.

Seperti dilansir Sydney Morning Herald, ada alasan rambut menjadi rontok dari kulit kepala atau menjadi tipis. Stres, kekurangan zat besi, dan ketidakseimbangan hormon termasuk beberapa penyebabnya. Kecenderungan rambut rontok juga ada dalam gen seseorang.

Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut yang mulai menipis? Pertama, perhatikan pola makan sehari-hari. Coba tambahkan lebih banyak protein, zat besi, bayam (untuk folat, zat besi, vitamin A dan C), ikan berlemak (untuk asam lemak omega-3), dan makanan dengan kandungan seng seperti tiram untuk membantu pertumbuhan rambut.

Ahli gizi Louise Edney mengatakan diet terbaik untuk rambut sehat adalah keseimbangan. Meskipun ada banyak suplemen kesehatan rambut di pasaran, ia memperingatkan sebagian besar tidak didukung oleh bukti ilmiah.

Sedangkan untuk suplemen nutrisi reguler, Edney mengatakan orang harus berkonsultasi dengan seorang ahli kesehatan sebelum membelinya. Suplemen tersebut dibanderol dengan harga mahal dan kelebihan nutrisi dapat sama berbahayanya dengan kekurangan nutrisi.

Kedua, tidak ada salahnya berinvestasi pada sampo penebalan atau penambah volume rambut beserta kondisionernya. Penata rambut selebriti Anthony Nader menyarankan untuk menjaga jadwal potong rambut selama enam pekan agar rambut tetap tebal dan menyisir rambut setiap malam dengan sisir bulu.

“Bulu yang ada di sisir memijat permukaan kulit kepala bertindal seperti alarm. Darah di bawah kulit kepala Anda naik dan membuatnya bekerja. (Lakukan) beberapa menit pagi dan malam, Anda akan memberikan kehidupan baru bagi epidermis kepala dan helai rambut Anda,” kata Nader.

Ketiga, atasi sumber masalah rambut tipis. Kulit kepala yang sehat adalah akar dari rambut yang sehat.

Colourist Prancis, Christophe Robin mengungkapkan rambut berminyak adalah salah satu penyebab utama kerontokan rambut. Oleh karena itu penting untuk membersihkan kulit kepala sekali dalam sepekan untuk menghilangkan semua kotoran, penumpukan produk, sampo kering, sampo dan kondisioner yang tidak terbilas dengan bersih.

Robin memperingatkan untuk tidak menyisir rambut saat basah kuyup dan menggosok rambut.

“Sebaliknya, pijat kulit kepala Anda dan gunakan minyak rambut ber-SPF untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari,” ujar Robin.
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA