Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Menyibak Penyebab Orang tak Kunjung Naik Jabatan (1)

Senin 22 Apr 2019 15:02 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Reiny Dwinanda

Pekerja kantoran. Ilustrasi

Pekerja kantoran. Ilustrasi

Foto: Dailymail
Ada kalanya, si bos tak terpikir untuk menaikkan jabatan seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kalanya pekerja keras yang setia, berorientasi pada hasil, dan menempatkan kepentingan perusahaan di atas kepentingan sendiri selama bertahun-tahun pun tetap jelek penilaiannya di mata bos. Alhasil, nama orang tersebut tak terdeteksi di radar saat pembicaraan tentang promosi.

Mengapa perusahaan kerap mengabaikan karyawan yang baik, jujur, dan dapat diandalkan? Womanitely merangkum beberapa kemungkinan alasannya sebagai berikut:

1. Anda mungkin bukan pemimpin alami
Sering kali sebuah posisi tinggi membutuhkan sosok pemimpin yang tegas, bertanggung jawab, dan menginspirasi, sehingga mampu membawa tim ke arah lebih baik. Tidak peduli seberapa baik Anda bekerja, Anda tak akan memenuhi syarat naik ke level berikutnya jika Anda sendiri tak nyaman menjadi pemimpin.

2. Anda belum membuktikan tingkat keterampilan lebih tinggi
Jika Anda memiliki kualitas kepemimpinan yang diperlukan untuk naik ke level berikutnya, Anda memerlukan pembuktian. Anda harus membantu atasan melihat kemampuan Anda dengan menawarkan diri mengambil tanggung jawab atas sebuah pekerjaan atau proyek.

3. Anda tidak banyak bicara
Meski Anda memiliki kemampuan untuk memimpin, namun kalau kurang muncul ke permukaan atau kurang berkomunikasi, Anda tak akan pernah dipromosikan. Buku-buku tentang manajemen bahkan kerap menulis bahwa sukses datang kepada mereka yang bersusah payah untuk terlihat sibuk, terlepas dari kesibukan mereka menghasilkan sesuatu atau tidak menghasilkan sesuatu. Anda perlu mengambil bagian dalam aksi ini.

4. Anda tidak konsisten
Di tempat kerja, Anda hanya bagus di pekerjaan sebelumnya. Setelah beberapa waktu sejak kesuksesan terakhir Anda, kinerja Anda kembali menurun. Ini berarti Anda tidak konsisten membuktikan yang terbaik dari diri Anda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA