Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Disney Sumbang 5 Juta Dolar untuk Perbaikan Notre-Dame

Jumat 19 Apr 2019 10:18 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Potret terbaru Katedral Notre-Dame di Paris, Prancis, yang diambil Kamis (18/4) pascakebakaran.

Potret terbaru Katedral Notre-Dame di Paris, Prancis, yang diambil Kamis (18/4) pascakebakaran.

Foto: EPA
Notre-Dame adalah salah satu latar bagi cerita Disney populer.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Perusahaan Walt Disney berkomitmen akan memberikan 5 juta dolar AS untuk membantu rekonstruksi Katedral Notre-Dame di Paris, Prancis. Keputusan itu sudah diumumkan langsung oleh Presiden Disney Bob Iger.

"Notre-Dame adalah mercusuar harapan dan keindahan yang telah menetapkan hati Paris dan jiwa Prancis selama berabad-abad, menginspirasi kekaguman dan penghormatan terhadap seni dan arsitekturnya dan untuk tempat abadi dalam sejarah manusia," kata CEO Disney, dikutip dari The Wrap, Jumat (19/4).

Sumbangan tersebut diberikan mengikuti kabar tentang kebakaran hebat yang merusak landmark bersejarah awal pekan ini. "Perusahaan Walt Disney berdiri bersama teman-teman dan tetangga kami di komunitas, menawarkan dukungan tulus kami serta sumbangan 5 juta dolar untuk pemulihan karya agung yang tak tergantikan ini," ujar Iger.

Api menyebabkan menara kayu katedral runtuh. Api juga menyebar ke salah satu menara persegi panjang tempat tersebut, sehingga bisa menyebabkan seluruh kerangka struktur berada dalam risiko.

Ketika pertama kali terjadi, tidak ada penyebab kebakaran, namun menurut AP, media Prancis mengutip petugas pemadam kebakaran Paris yang mengatakan kebakaran mungkin terkait dengan proyek renovasi untuk menara katedral. Tidak ada korban jiwa, meskipun satu petugas pemadam kebakaran terluka parah saat melawan kobaran api.

Katedral Notre-Dame adalah ikon nasional yang merupakan objek wisata yang dicintai di pusat ibu kota Prancis. Dengan konstruksinya yang berasal dari tahun 1163, tempat tersebut menyimpan banyak karya seni dan potongan-potongan sejarah Prancis yang tidak ternilai, dan menjadi subjek film dan cerita populer seperti film animasi Disney tahun 1996 yang berjudul The Hunchback of Notre Dame.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA