Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Mau Nikah, ini 7 Tips Cerdas Memilih Wedding Organizer

Jumat 19 Apr 2019 10:11 WIB

Rep: cermati/ Red:

Mau Nikah, ini 7 Tips Cerdas Memilih Wedding Organizer

Mau Nikah, ini 7 Tips Cerdas Memilih Wedding Organizer

Rencanakan acara pernikahan secara matang.

Peran Wedding Organizer (WO) sangat dibutuhkan adalah pesta pernikahan, terutama bila pesta pernikahan dilakukan dengan skala yang besar. Tugas WO bukan hanya untuk merancang konsep pesta saja, tapi juga memastikan bahwa seluruh acara berjalan lancar sesuai harapan.  

Terlepas dari banyaknya jasa WO yang ada di wilayah tempat tinggal Anda, sulit rasanya untuk menemukan satu nama WO terbaik. Untuk memudahkan dalam proses pencarian, perhatikan tips berikut agar Anda dan pasangan tidak salah pilih WO dalam acara pesta pernikahan nanti.

 

1. Perhatikan Track Record WO

Kunci utama untuk meyakinkan bagus tidaknya WO bisa dilihat melalui track record atau catatan pekerjaan WO dalam acara pernikahan. Jika track record buruk, dapat dipastikan kalau hasil kerjanya juga buruk. Begitu sebaliknya, bila track record yang baik akan mendatangkan hasil kerja yang maksimal dan memuaskan pelanggan.

Track record bisa diketahui lewat testimoni para pelanggan yang sudah pernah memakai jasa WO yang bersangkutan. Anda dan pasangan bisa melihat kumpulan testimoni ini di website atau media sosial yang digunakan baik facebook, twitter atau instagram. Pastikan penyedia jasa WO yang dipilih memiliki track record baik agar konsep pesta pernikahan lebih baik dari apa yang diharapkan.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan Pesta

 

Biasanya setiap WO memiliki penawaran paket pernikahan yang berbeda-beda, mulai dari paket kecil hingga yang besar. Apabila isi paket tidak sesuai dengan kebutuhan, lebih baik gunakan sistem manual, dimana Anda bisa bebas memilih item yang dibutuhkan dalam pesta pernikahan nanti.

Pastikan WO yang dipilih fleksibel dalam urusan pemakaian jasa di luar paket. Sebab, ada beberapa WO yang tidak melayani pemesanan di luar paket. Jadi, tanyakan hal ini kepada WO sebelum benar-benar memakai jasanya.

3. Berpengalaman Menangani Pesta Pernikahan Skala Besar

Apabila pesta pernikahan yang ingin diadakan berskala besar, sebaiknya pilih jasa WO yang sudah memiliki jam kerja tinggi dalam menangani event-event besar. Jika tidak, maka pesta pernikahan Anda bisa hancur berantakan karena WO sendiri kewalahan dalam mempersiapkan kebutuhan keluarga pengantin dan para tamu.

Untuk menghindari adanya pembatalan secara mendadak, sebaiknya buat kesepakatan kerja sama secara tertulis. Hal ini bertujuan agar salah satu pihak tidak mengalami kerugian.

Baca Juga: Budget Pernikahan Tidak Sampai 50 Juta? Ini Cara Mengaturnya

4. Melakukan Survei Langsung ke Lokasi WO

wo klien
Melakukan survei langsung

Jika sudah memiliki list WO terbaik di kota Anda, tidak ada salahnya untuk melakukan survei kecil-kecilan ke lokasi WO. Survei akan memudahkan Anda dan pasangan untuk memastikan kredibilitas dan kinerja WO yang sebenarnya, sehingga penyesalan tidak muncul ketika sudah melakukan pemesanan dan membayar uang muka.

Tidak hanya mengobrol mengenai pengalaman kerja, tapi juga bisa melihat portofolio WO secara langsung di lokasi tempatnya bekerja. Melalui portofolio, Anda bisa menilai seberapa bagus dan sesuai WO tersebut untuk konsep pesta pernikahan nanti.

5. WO harus Komunikatif dan Ramah

Dalam perusahaan jasa, pelayanan menjadi hal terpenting. Pelayanan yang baik tentu saja akan memuaskan para pelanggan. Sebagai contoh dalam hal keramah-tamahan dan komunikasi. Jika WO bersikap ramah dan komunikatif, para tamu akan merasa senang dan terbantu saat mengalami masalah selama acara berlangsung.

Survei ke lokasi akan membantu untuk mengamati tingkat keramahan dan komunikatif penyedia jasa WO. Apabila WO tidak ramah dan komunikatif, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari WO penggantinya.

Baca Juga: Tips Membuat Pernikahan Hemat Biaya, Namun Tetap Menarik

6. Meminta Referensi dari Teman atau Keluarga

teman
Meminta refrensi dari teman

Saran dari teman dan keluarga biasanya sangat berguna dalam hal apapun, termasuk saat memilih wedding organizer. Jangan ragu untuk meminta saran dari orang-orang yang sebelumnya pernah memakai jasa WO untuk event-event tertentu. Untuk menambah referensi, Anda bisa mencarinya lewat internet. Jika sudah menemukan WO yang dianggap sesuai. Setelah itu, lakukan seleksi berdasarkan kebutuhan dan budget.

7. Memiliki Mekanisme Kerja yang Baik

Agar pesta pernikahan berjalan lancar, pastikan WO uang sudah dipilih memiliki mekanisme kerja yang baik. Mekanisme kerja diukur dari ketepatan waktu, kecepatan merespons, dan kerja sama kru saat mengatur dan menyusun konsep acara.

Untuk menghindari miscommunication, adakan pertemuan atau briefing satu atau dua hari sebelum hari H tiba. Briefing sangat membantu WO untuk mengetahui aspek yang masih kurang dalam acara pernikahan, sehingga pesta di hari H tidak kacau balau.

Rencanakan Acara Pernikahan Secara Matang

Adanya WO sangat membantu merancang konsep pernikahan yang sudah diidamkan selama bertahun-tahun. Namun, Anda dan pasangan yang sudah merencanakan pernikahan tidak boleh menyerahkan seluruh konsep kepada WO begitu saja.

Ada baiknya jika Anda tetap berperan dalam merancang konsep pernikahan. Urusan bagus atau tidaknya, bisa dibicarakan dengan WO. Karena pada dasarnya tugas WO hanya untuk memudahkan proses terselenggaranya acara pernikahan, bukan mengatur seluruh konsep tanpa campur tangan klien.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Agar Rencana Nikah Cepat Terwujud

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA