Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Jangan Remehkan Manfaat Naik Tangga dan Berjalan Kaki

Senin 15 Apr 2019 15:11 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z./ Red: Christiyaningsih

Jalan Kaki (Ilustrasi)

Jalan Kaki (Ilustrasi)

Naik tangga an berjalan kaki dapat memberi manfaat kesehatan layaknya olahraga

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Olahraga memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Akan tetapi banyak yang masih bertanya-tanya olahraga apa yang paling tepat dan berapa lama harus dilakukan setiap harinya. Ada kabar baik bagi yang tak sempat atau tak terlalu suka berolahraga.

Dilansir dari Mind Body Green, berdasar hasil studi European Society of Cardiology meningkatkan aktivitas sehari-hari akan berkorelasi positif terhadap usia, kesehatan, dan kehidupan seksual. Studi itu dilakukan dengan memperhatikan cardiorespiratory fitness dari 300 ribu orang dengan usia 18 hingga 74 tahun.

Hasil studi menunjukkan dengan meningkatnya aktivitas sehari-hari maka risiko kematian dan penyakit kardiovaskular akan menurun. Dalam studi itu juga ditemukan setiap peningkatan VO2 max per mililiter (ukuran kesehatan kardiorespiratori) maka risiko kematian dan penyakit kardiovaskular akan berkurang sekitar tiga persen.

Disebutkan juga peningkatan aktivitas yang dimaksud bukanlah dengan melakukan olahraga. Peningktan aktivtas yang dimaksud cukup dengan memperbanyak jalan kali atau berangkat kerja menggunakan sepeda.

Baca Juga

Hal ini pun dapat diterapkan dengan lebih memilih untuk menggunakan tangga saat berada di gedung bertingkat atau memilih rute yang lebih jauh saat berjalan kaki. Kegiatan sederhana ini dinilai sangat bermanfaat mengingat peningkatan aktivitas sekecil apapaun dalam sehari dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA