Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

7 Alasan Anak Perlu Tumbuh Bersama Kakek-Nenek

Senin 01 Apr 2019 14:19 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Kakek, nenek, dan cucu/ilustrasi

Kakek, nenek, dan cucu/ilustrasi

Foto: msndegree.com
Sejumlah penelitian mengungkap manfaat anak tumbuh bersama kakek-neneknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Tidak semua anak memiliki kesempatan untuk melihat dan berinteraksi dengan kakek dan nenek mereka semasa hidupnya. Namun bila anak-anak Anda memiliki kesempatan tersebut, sebaiknya jangan disia-siakan.

Menghabiskan waktu bersama kakek dan nenek ternyata dapat membawa banyak manfaat positif bagi anak-anak. Beragam manfaat ini telah dibuktikan melalui penelitian ilmiah.

Times of India mengungkapkan setidaknya ada tujuh manfaat baik yang bisa didapatkan anak-anak bila sering bermain bersama kakek dan nenek. Berikut ini adalah manfaat-manfaat tersebut menurut beragam penelitian ilmiah.

Tangguh

Anak-anak yang tahu mengenai sejarah keluarganya dan memiliki ikatan emosional dengan kakek dan nenek mereka cenderung menjadi anak lebih tangguh dan memiliki pemikiran tajam. Anak-anak ini juga cenderung tampak lebih pintar dan dewasa dibandingkan anak-anak yang jarang menghabiskan waktu dengan kakek dan nenek.

Support system

Kakek dan nenek merupakan sistem pendukung (support system) keluarga. Anak-anak yang banyak menghabiskan waktu dengan kakek dan nenek biasanya lebih baik dalam menghadapi beragam masalah emosional dan perilaku. Anak-anak ini juga cenderung memiliki kemampuan menghadapi trauma yang lebih baik menurut penelitian dari University of Oxford.

Tidak mendiskriminasi lansia

Sangat penting untuk mengajarkan anak-anak bahwa setiap orang akan menua dan tak ada yang perlu ditakuti akan hal tersebut. Anak-anak yang memiliki hubungan baik dan penuh cinta dengan kakek dan nenek mereka cenderung lebih bisa menghargai proses penuaan ini dan lebih menghormati orang-orang yang lebih tua.

Menurunkan depresi

Anak-anak yang berhubungan baik dengan kakek dan nenek memiliki risiko yang lebih rendah terhadap masalah kesehatan mental di usia dini. Nasihat-nasihat kehidupan yang diberikan kakek dan nenek hingga pengalaman serta kelekatan akan membantu anak-anak tumbuh dengan risiko depresi yang lebih rendah.

Stabil

Sangat penting bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk memiliki stabilitas di tengah lingkungan yang terus berubah. Hubungan anak-anak dengan kakek dan nenek mereka bisa memberikan stabilitas ini, terlebih bila anak-anak tersebut memiliki orang tua yang bekerja.

Pelajaran moral

Orang tua memang memiliki tanggung jawab untuk menanamkan nilai-nilai dan pelajaran moral bagi anak-anak. Namun dalam hal ini, kakek dan nenek juga dapat memberikan bantuan yang besar.

Kakek dan nenek dapat berperan sebagai pilar dukungan dan cinta untuk anak-anak. Kakek dan nenek bisa memberikan pelajaran moral ini melalui cerita-cerita menarik hingga nasihat-nasihat bijak.

Bermanfaat juga untuk kakek dan nenek

Kakek dan nenek juga turut mendapatkan manfaat bila dapat membangun hubungan baik dengan cucu-cucu mereka. Faktanya, kakek dan nenek yang tetap berhubungan dan ikut mengurus cucu mendapatkan harapan hidup lima tahun lebih panjang. Kakek dan nenek juga memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami masalah kesepian dan kecemasan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA