Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

Kabar Baik Bagi Pria yang Jago Push-Up

Kamis 07 Mar 2019 15:03 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Push up

Push up

Foto: ehealthbody.com
Pria yang rajin push-up 40 kali sehari minim risikonya terkena penyakit jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kabar baik bagi Anda yang jago push-up. Ternyata, kemampuan push-up berpuluh kali menandakan kondisi kesehatan jantung yang cukup bagus.

Para peneliti dari Universitas Harvard mengatakan mereka yang rajin lebih dari 40 kali push-up lebih minim risikonya untuk mengalami penyakit jantung. Risiko mereka sakit jantung turun signifikan, hingga lebih dari 96 persen.

Baca Juga

Akan tetapi, hal ini hanya berlaku untuk pria. "Temuan kami memberikan bukti bahwa kemampuan push-up bisa menjadi metode yang mudah dan tanpa biaya, untuk membantu menilai risiko penyakit kardiovaskular di hampir semua situasi,” kata salah satu peneliti kedokteran di Sekolah Kesehatan Harvard T.H. Chan, Justin Yang, dilansir dari Mashable Asia, Rabu (6/3).

Yang mengatakan, kemampuan push-up lebih bisa diandalkan ketimbang hasil tes treadmill submaksimal untuk mendeteksi risiko penyakit kardiovaskular. Tim peneliti mempelajari riset tersebut dari peserta yang terdiri atas 1.104 pria petugas pemadam kebakaran dengan usia rata-rata 39,6 tahun. Mereka mempelajari para peserta selama 10 tahun.

Dari total itu, 37 orang di antara pria ini mengalami penyakit kardiovaskular, seperti gagal jantung, kematian jantung mendadak, atau menderita penyakit arteri koroner. Ternyata, semuanya kecuali satu yang tidak dapat menyelesaikan lebih dari 40 push-up.

"Peserta yang mampu menyelesaikan lebih dari 40 push-up mengalami penurunan 96 persen dalam insiden penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang cuma bisa menyelesaikan kurang dari 10 push-up," demikian yang diungkapkan penelitian itu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA