Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Selain Telur, Ini 10 Sumber Protein Terbaik

Kamis 28 Feb 2019 09:57 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Telur, salah satu sumber protein yang penting bagi wanita.

Telur, salah satu sumber protein yang penting bagi wanita.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Biji labu bisa dipilih sebagai sumber protein selain telur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Selain kaya akan zat gizi, telur juga memiliki rasa yang lezat, mudah diolah dan murah.

Namun sayangnya, tidak semua orang bisa atau mau mengonsumsi telur dengan beragam alasan. Misalnya karena sedang menerapkan diet vegan, karena tidak menyukai rasa telur maupun alergi telur.

Sebagai alternatif, ada beragam makanan lain yang juga memilki kandungan protein tinggi. Times of India merangkum 10 di antaranya. Berikut ini adalah 10 sumber protein baik yang bisa menjadi alternatif telur.

Kedelai
Kedelai diketahui memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan kandungan vitamin C, protein serta folat yang tinggi. Kedelai juga menjadi salah satu sumber kalsium, serat, zat besi, magnesium, fosfor dan kalium yang baik. Satu mangkuk kedelai masak memiliki 28 gram protein.

Yogurt Yunani
Yogurt Yunani merupakan yogurt polos yang memiliki banyak zat gizi dan juga dapat memberi manfaat kesehatan. Tak heran bila yogurt Yunani didapuk menjadi salah satu camilan yang baik karena dapat memberi rasa kenyang cukup lama. Satu porsi sajian yogurt Yunani bebas lemak memiliki kandungan protein sebesar 12-17,3 gram.

Biji Labu
Biji-bijian termasuk sumber protein yang baik, salah satunya adalah biji labu. Biji labu tak hanya kaya akan kandungan magensium tetapi juga protein. Biji labu sebanyak 30 gram memiliki kandungan protein sebesar 9 gram.

Chickpea
Chikpea memiliki kandungan zat besi, fosfat, kalsium, magnesium, zinc dan vitamin K. Chikpea juga bisa dikreasikan dalam berbagai masakan, misalnya dalam kari. Satu cangkir chickpea masak mengandung 12 gram protein.

Quinoa
Biji-bijian Quinoa tak hanya bebas gluten tetapi jiga mengandung sembilan macam asam amino esensial. Quinoa juga memiliki kandungan lemak yang rendah dan dapat membantu proses penurunan berat badan. Satu cangkir biji quinoa masak mengandung 8 gram protein.

Keju Cottage
Keju cottage tak hanya rendah kalori tetapi juga kaya protein. Keju cottage mengandung beragam zat gizi esensial dan sangat mudah diolah. Keju cottage sebanyak 100 gram memiliki kandungan protein sebesar 23 gram.

Edamame
Kacang edamame juga kaya akan protien dan memiliki kandungan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Kacang ini juga kaya akan magnesium yang berperan dalam produksi energi dan pembentukan otot tak berlemak. Setengah cangkir edamame masak mengandung 9 gram protein.

Lentil
Kacang-kacangan lentil dapat menjadi sumber protein nabati yang baik. Selain itu, lentil juga kaya akan serat. Satu cangkir lentil masak mengandung 14-16 gram protein.

Biji Rami
Biji rami atau biji hemp memiliki kalori yang rendah dan protein yang tinggi. Biji rami juga memiliki kandungan asam alfa linoleat dan omega 3 yang baik untuk jantung. Dua sendok makan biji rami mengandung 6,3 gram protein.

Selai Almond
Selai almond lebih menyehatkan dari selai kacang biasa. Dibandingkan selai kacang biasa, selai almond memiliki kandungan vitamin dan mineral yang yang banyak. Selai almond sebanyak 50 gram juga mengandung 10 gram protein.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA