Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Mitos Masalah Tidur dan Penjelasan dari Pakar

Kamis 28 Feb 2019 09:37 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ani Nursalikah

Perempuan bermain ponsel sebelum tidur. Ilustrasi

Tidur di malam hari. Ilustrasi

Foto: Dailymail
Beberapa mitos sering dipercayai perihal penyebab insomnia dan sulit tidur.

Mitos 4: Perbaiki waktu tidur dan sisanya akan mengikuti

Apakah Anda kesulitan tidur pada waktu yang "normal" secara konvensional, dan merasa perlu mengatur kembali jam tubuh Anda? Daripada terpaku pada pengaturan waktu tidur tertentu, cobalah memprioritaskan waktu bangun Anda.

"Waktu bangun Anda menentukan kapan tubuh Anda siap untuk tidur malam berikutnya," kata Liora Kempler, psikolog tidur di Woolcock Institute of Medical Research.

Penelitian Lack telah menemukan cahaya pagi yang terang mempengaruhi sekresi melatonin-hormon yang berperan dalam siklus tidur dan bangun-juga meningkatkan perasaan tidur dan siang hari dari orang-orang yang menderita insomnia dan jam tubuh yang tertunda. "Jadi Anda lebih baik bangun pada waktu yang sama setiap hari dan mendapatkan 20 hingga 30 menit cahaya luar menekan melatonin," kata Kempler.

Mitos 5: Anda bisa melatih diri agar kurang tidur

Politikus dan wirausahawan kelas atas gemar membual mereka hanya perlu empat atau lima jam tidur. Itu tidak berarti Anda harus mengikuti jejak mereka.

"Mengurangi tidur Anda di bawah enam jam atau lima jam tidak hanya membuat Anda lebih mudah marah, tetapi juga cenderung mengganggu tidur cepat mata,” kata Lack.

Mitos 6: Kafein adalah penyebab utama

Sebaiknya hindari kafein sore, terutama selama sekitar empat hingga enam jam sebelum tidur. Tetapi perlu diingat jika Anda stres, kafein mungkin bukan masalah utama Anda."Jika tingkat stres tinggi, itu akan jauh lebih besar (penyebabnya) daripada kafein,” kata Cunnington.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA