Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Penjelasan Psikologis di Balik Mainan LOL Surprise!

Ahad 20 Jan 2019 12:49 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah

Mainan LOL Suprise!

Mainan LOL Suprise!

Foto: Youtube
Keunikan LOL Surprise! adalah pembeli tidak bisa menerka isi di dalamnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mainan LOL Surprise! sedang menapaki puncak kepopuleran di kalangan anak-anak di seluruh dunia. Padahal boneka yang ada di dalam bola LOL Surprise tidak bisa dibilang revolusioner. Keunikan LOL Surprise! adalah pembeli tidak bisa menerka apa isi di dalam bola sampai mereka membeli dan membukanya.

Baca Juga

Dikutip dari Mental Floss, seorang penulis di New York Times mengaku membutuhkan waktu 59 menit untuk membuka bola dan 'menguliti' semua pernak-pernik di dalamnya. Efek kejutan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli LOL Surprise!

Produsen mainan ini, MGA Entertainment, sudah memperoleh masukan agar tidak membuat anak-anak membeli apa yang tidak diketahui. Namun, CEO Isaac Larian dan jajaran eksekutif MGA Entertainment melihat sebenarnya anak-anak suka dengan mainan buatannya karena membuat mereka menerka-nerka sesuatu.

Direktur Early Learning Project di Georgetown University Rachel Barr mengatakan kepada The Atlantic, video unboxing menggelitik otak anak yang menyukai antisipasi. Di usia empat atau lima tahun, anak-anak punya konsep masa depan atau kejadian yang akan mengungkap sesuatu yang belum ada di masa sekarang.

Akan tetapi, anak-anak tersebut juga mengkhawatirkan sesuatu yang buruk dari hal yang belum bisa mereka lihat. Di video unboxing, anak-anak bisa melihat ada hal bagus yang diperoleh dengan membuka bola LOL Surprise! Anak-anak tidak akan menemui, katakanlah, tarantula hidup, ketika membuka bola mainan itu.

LOL Surprise! dirancang memperpanjang kebahagiaan antisipatif anak karena setidaknya butuh waktu 20 menit untuk 'mengupas' bola. Ide kejutan yang dihadirkan oleh LOL Surprise bukanlah sesuatu yang baru.

Sebelumnya, kolektor kartu baseball juga memperoleh pengalaman serupa ketika membeli dan membuka kartu-kartu baseball. Mereka tidak tahu kartu seperti apa yang mereka dapatkan sampai kemasannya dibuka.

Akan tetapi di media sosial, video LOL Surprise jauh lebih populer dan digandrungi daripada kartu baseball. Saat ini boneka LOL Surprise! mengantongi 350 lisensi mulai dari kasur sampai produk pakaian. Para kolektor juga dapat membeli rumah boneka seharga 199,99 dolar AS. Bahkan sekarang sudah ada boneka versi laki-laki lengkap dengan anatomi alat vitalnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA