Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Makanan Ini Membantu Meningkatkan Tinggi Badan Anak

Ahad 20 Jan 2019 08:25 WIB

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah

Kebiasaan anak makan sehat harus ditanamkan sejak usia dini.

Kebiasaan anak makan sehat harus ditanamkan sejak usia dini.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
inggi badan anak sangat dipengaruhi genetika orang tua dan nutrisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua perlu mengatahui bagaimana nutrisi mempengaruhi pertumbuhan anak dan bahan makanan bergizi penting untuk makanan sehari-hari anak. Tinggi badan anak sangat dipengaruhi genetika orang tua dan keluarga.

Baca Juga

Namun, sebagian besar orang tua masih tidak menyadari dengan bantuan pola makan dan nutrisi yang tepat, mereka dapat membantu anak mencapai potensi pertumbuhan normal maksimum. Dikutip Boldsky, berikut beberapa kandungan makanan bergizi dan fungsinya untuk anak.

  • Protein adalah kebutuhan diet penting yang meningkatkan pertumbuhan anak. Protein membangun otot dan membawa perkembangan serta pemeliharaan jaringan. Kekurangan protein dapat memperlambat hormon pertumbuhan dan menghasilkan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang rendah.
  • Mineral seperti zat besi, kalium, yodium, fosfor, fluorida diperlukan untuk meningkatkan tinggi badan anak. Kalsium adalah mineral lain yang tidak hanya memperkuat tulang, tetapi juga mendorong pertumbuhan yang efektif.
  • Vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam tubuh dengan mudah.
    Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelelahan dan melemahkan tulang dan otot. Itu dapat berdampak negatif pada proses pertumbuhan. Sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber vitamin A, B1, B2, C, F, dan riboflavin dapat ditemukan pada makanan bergizi.
  • Karbohidrat dalam jumlah berlebihan bisa berbahaya. Namun, pada tahap awal perkembangan anak, karbohidrat memberikan energi dan vitalitas bagi tubuh anak.Berikanlah biji-bijian dan sereal, tepung olahan, pizza, burger, dan lainnya. Makanan tinggi lemak harus dihindari.

Makanan yang Membantu Pertumbuhan Anak

  • Produk susu adalah sumber yang kaya akan mineral dan vitamin A, B, D dan E. Susu, keju, dan yogurt memiliki jumlah protein dan kalsium yang baik yang membantu pertumbuhan.
  • Telur memiliki kandungan protein, vitamin D, vitamin B12, kalsium dan riboflavin yang tinggi. Ibu bisa memilih banyak olahan telur agar anak tidak pernah bosan memakannya.
  • Semua bagian tubuh ayam, terutama bagian dada memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein membantu perbaikan jaringan dan perkembangan otot anak sehingga meningkatkan tinggi badan.
  • Kedelai atau tahu adalah sumber protein vegetarian yang baik. Itu akan mencukupi kebutuhan vitamin, protein, folat, serat dan karbohidrat yang sangat penting untuk pertumbuhan anak.
  • Pisang adalah buah yang mudah didapat. Pisang mengandung kalium, kalsium, dan mangan. Ini memberikan stamina dan kekebalan yang lebih baik untuk anak.
  • Oatmeal, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber asam lemak omega dan protein yang memberikan vitalitas untuk pertumbuhan. Itu semua dapat dikonsumsi setiap hari untuk sarapan atau sebagai kudapan.
  • Jika anak-anak terbiasa makan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, okra, kacang polong, bok choy dan lain-lain sejak usia dini, lebih mudah bagi mereka beradaptasi dengan makan sehat. Sayuran hijau mengandung semua serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh sehingga harus menjadi bagian penting dari makanan.
  • Buah-buahan seperti pepaya, semangka, apel, aprikot, dan lainnya mengandung semua nutrisi penting. Wortel kaya akan vitamin A, C, dan kalsium. Itu semua membantu mempertahankan tulang yang kuat.
  • Biji-bijian utuh efektif dalam menyediakan energi yang dibutuhkan anak karena mengandung zat besi, magnesium, serat, selenium yang membantu pertumbuhan anak.
  • Ikan berlemak seperti salmon, dan tuna mengandung protein dan vitamin D yang tinggi. Bahkan daging merah dapat diberikan secukupnya untuk kebutuhan protein.
  • Lobak dapat dikonsumsi untuk meningkatkan hormon pertumbuhan dan juga merupakan gudang mineral dan vitamin esensial.
  • Ada juga resep buatan yang membantu pertumbuhan anak. Campur secangkir susu hangat dan satu butir telur dalam blender. Satu sendok makan madu harus ditambahkan di bagian akhir dan diaduk dengan baik. Telur dan susu merupakan sumber protein dan kalsium yang dapat membantu pertumbuhan secara alami. Konsumsi minuman ini setiap hari bisa menunjukkan perubahan ketinggian secara bertahap.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA