Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Pengasuhan Pengaruhi Perilaku Antisosial Anak

Rabu 02 Jan 2019 10:32 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Aktivitas mendongeng dan membaca ialah bentuk pengasuhan berkualitas untuk membentuk perkembangan anak (Ilustrasi)

Aktivitas mendongeng dan membaca ialah bentuk pengasuhan berkualitas untuk membentuk perkembangan anak (Ilustrasi)

Foto: Corbis.com
Sifat antisosial bisa dicegah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengasuhan di rumah, seperti kurangnya kehangatan orang tua dan kekerasan dalam rumah tangga bisa memengaruhi perilaku anak, seperti apakah mereka antisosial, kurang bisa berempati, dan kurang bermoral. Ini dikenal sebagai sifat callousunemotional (CU), menurut temuan dari Universitas Pennsylvania, dan Universitas Michigan.

Peneliti melibatkan 227 pasangan kembar identik dan menganalisis perbedaan pengasuhan yang dialami si kembar. Hasilnya, saudara kembar yang menerima pengasuhan lebih keras dan orang tua yang emosional berpeluang besar menunjukkan sifat agresif dan CU.

Buku Bergambar Efektif Tingkatkan Kemampuan Bahasa Anak

"Kita bisa melakukan sesuatu mulai dari rumah untuk mencegah anak-anak kita antisosial," kata Asisten Profesor di Departemen Psikologi Universitas Pennsylvania, Rebecca Waller, dilansir dari Science Daily, Rabu (2/1).

Selama ini sifat emosional anak sering dikaitkan dengen genetika orang tua. Waller mengatakan sifat anak tak hanya dipengaruhi gen, melainkan pola pengasuhan yang mereka terima.

Orang tua dari 227 pasang kembar identik diminta menjawab 50 pertanyaan kuisioner tentang lingkungan di rumah mereka. Mereka diminta memeringkat pertanyaan dari 1-24, seperti "Saya sering tidak sabar menghadapi anak," atau "Anak saya tahu saya menyayanginya." Peneliti kemudian menilai perilaku anak dengan meminta ibu melaporkan 35 sifat yang terkait dengan agresivitas dan CU pada anak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA