Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Empat Makanan Penurun Kolesterol

Senin 31 Dec 2018 13:54 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah

Oatmeal bisa jadi pilihan karbohidrat sebelum berolahraga.

Oatmeal bisa jadi pilihan karbohidrat sebelum berolahraga.

Foto: Flickr
Serangan jantung dapat terjadi ketika tingkat kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Serangan jantung dapat terjadi ketika tingkat kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi. Penyebab utama serangan jantung adalah penyakit jantung koroner.

Kondisi ini di mana pembuluh darah utama yang memasok darah ke jantung tersumbat oleh deposit kolesterol. Jika endapan kolesterol pecah, hal ini dapat menyebabkan gumpalan darah berkembang yang dapat memicu serangan jantung.

Orang dengan kolesterol tinggi dalam darah dapat menurunkannya dengan melakukan perubahan pola makan tertentu. Seperti yang dilansir dari Express, Senin (31/12), Heart UK menyarankan untuk memasukkan empat makanan berikut ke dalam diet untuk membantu mengurangi kolesterol.

Makanan yang terbuat dari kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan nutrisi nabati lainnya. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai secara alami rendah lemak jenuh. Jadi cobalah menukar susu berlemak, daging, dan makanan tinggi lemak jenuh lainnya dengan alternatif kedelai. Alternatif lainnya dapat mencakup susu dan yogurt dari kedelai, kacang kedelai, pudding kedelai, makanan penutup dari kedelai, dan daging cincang yang dicampur dengan kedelai.

Serat larut

Serat sangat penting untuk diet sehat dan ditemukan di semua buah-buahan, sayuran, dan sereal. Oat dan gandum mengandung bentuk khusus serat larut yang disebut beta glucan. Serat larut membantu menurukan kolesterol. Beta glucan bekerja dengan membentuk gel di usus yang dapat mengikat asam empedu yang kaya kolesterol dan menghentikannya diserap ke dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan jantung seperti protein, serat, sterol, vitamin E, magnesium, kalium, seng, dan tembaga. Mereka juga secara alami kaya akan lemak tak jenuh dan rendah lemak jenuh sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Sterol dan stanol

Sterol dan stanol setara seperti kolesterol dan ditemukan dalam banyak makanan nabati dengan jumlah yang sangat kecil. Ketika dimakan setiap hari dalam jumlah yang lebih besar, mereka dapat membantu mengurangi kolesterol dengan mengurangi jumlah kolesterol yang dapat didaur ulang oleh tubuh.

Sterol dan stanol bisa ditemukan di susu, bahan olesan, dan yogurt.

“Jika kolesterol anda naik, ada perawatan yang tersedia jika anda membutuhkannya. Tetapi biasanya mungkin untuk menurunkan kolesterol secara alami dengan perubahan gaya hidup sehat,” kata Heart UK.

Baca juga: Cara Singkirkan Lemak Viseral di Perut

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA