Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Stres Bisa Sebabkan Kanker Mulut

Kamis 13 Dec 2018 23:49 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Anak menutup mulut

Anak menutup mulut

Foto: boldsky.com
Kanker mulut bisa dicegah dengan SAMURI (memeriksakan mulut sendiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker mulut terbilang masih jarang ditemukan di Indonesia. Meski demikian, penyakit ini sangat mematikan dan salah satu penyebabnya adalah stres.

Kanker mulut disebabkan oleh banyak hal seperti merokok, iritasi kronis, minuman keras/alkohol, genetik, makanan pengawet, makanan yang dibakar, sinar UV, gizi buruk, penyedap makanan serta stres.

Tanpa diduga, stres ternyata memiliki peran untuk menimbulkan kanker, salah satunya adalah kanker mulut. Ketua Perhimpunan Persatuan Dokter Gigi Indonesia Hananto Seno mengatakan stres berkepanjangan akan membuat sel bermutasi.

Tidur Terlalu Banyak Bisa Membunuh

"Stres itu akan mengubah sistem pertahanan tubuh dan imun. Ini menyebabkan iritasi sel dan bermutasi. Yang tadinya aman-aman saja berubah, salah satunya menyerang mukosa mulut," ujar Hananto dalam bincang-bincang 'Diskusi Kanker Rongga Mulut' di Jakarta, Kamis (13/12).

Hananto menceritakan bahwa ia memiliki beberapa pasien penderita kanker mulut yang salah satu pemicunya adalah stres. Kebanyakan dari mereka, mengalami stres ringan namun berlangsung dalam jangka waktu lama.

Meski demikian, kanker mulut juga dapat dicegah. Caranya adalah menghindari rokok, minuman alkohol, menjaga kesehatan rongga mulut, melakukan pemeriksaan rutin, menjaga pola makan serta melakukan SAMURI (periksa mulut sendiri).

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA