Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Nasihat Pakar Yoga Agar Bisa Lakukan Pose Handstand

Kamis 13 Dec 2018 05:55 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah

Pose handstand atau berdiri dengan tangan dalam olahraga yoga.

Pose handstand atau berdiri dengan tangan dalam olahraga yoga.

Foto: Flickr
Melatih handstand tidak hanya mempelajari tekniknya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Melakukan handstand atau adho mukha vrksasana kerap dianggap sebagai pose yang sulit bagi orang yang baru belajar yoga. Namun menurut pakar yoga Steffy White ketika sudah menguasai teknik, berpose handstand atau berdiri dengan bertumpu pada tangan bahkan tidak perlu usaha keras.

"Saat Anda akhirnya menguasai cara berdiri dengan tangan, rasanya hampir tidak ada beban berat badan karena segalanya tegap sempurna. Tidak butuh usaha keras untuk mempertahankan pose itu. Ketika Anda mendapati posisi tersebut menjadi salah satu pose ternikmat dalam hidup, Anda tidak ingin turun!" ungkapnya kepada Women's Health Mag.

Berikut ada empat trik yang dibeberkan White agar sukses berpose handstand.

Tingkatkan kekuatan dan mobilitas

Tangan Anda menahan berat badan, artinya Anda memerlukan kekuatan di tubuh bagian atas seperti pundak hingga otot. "Anda perlu memperlakukan otot dengan benar dan latihan membuka kaki sebelum bisa menguasai teknik handstand," kata White.

Mengapa? Ternyata otot yang kukuh mencegah cedera pada engsel panggul, mentransfer tekanan ke punggung bawah. Gerakan menekuk tubuh, pose anjing, dan plank adalah latihan yang dianjurkan untuk meraih kekuatan itu.

Jangan berlari sebelum bisa berjalan

Melatih handstand tidak hanya mempelajari tekniknya. Jika Anda sudah bisa meletakkan kepala dan lengan bawah dengan benar, maka artinya itu sudah setengah jalan.

Saat Anda berlatih dengan percaya diri, memanfaatkan tembok untuk menahan tubuh, jagalah agar bahu terkunci dengan jari-jari dan siku menghadap ke depan. Jaga keseimbangan tubuh dengan pengaturan pada jari jemari dan telapak tangan.

Singkirkan penghalang

Menurut White, tantangan mental kadang sulit diruntuhkan. Namun, jika Anda berhasil mengalahkan rasa takut dan kecemasan, Anda tidak hanya menjadi kuat secara fisik namun juga mental.

"Ketika pertama kali mencoba meletakkan pinggul di atas kepala, Anda mungkin merasa takut. Beranilah pada diri sendiri dan biarkan mengalir sesuai ekspektasi Anda. Menguasai handstand bisa memerlukan waktu bertahun-tahun, beberapa dekade, atau bahkan seumur hidup. Jadi pastikan Anda menikmati prosesnya," jelas White.

Fokus di 'big four'

White menyarankan agar siapa pun yang ingin bisa handstand fokus di empat hal penting. Pertama, menekan dengan tangan dan lengan. Kedua, menempellah dengan tenang di lantai. Ketiga, fokus pandangan di antara kedua tangan. Keempat, atur pernafasan.

"Jangan meremehkan kekuatan pernafasan Anda," ujar White.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA