Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Kenali Lima Tanda Usus Anda Bermasalah

Selasa 11 Dec 2018 09:05 WIB

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah

Sistem Pencernaan. Ilustrasi

Sistem Pencernaan. Ilustrasi

Foto: Sciencealert
Kondisi kesehatan usus mempengaruhi mulai dari kesehatan kulit sampai suasana hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan orang tidak menyadari sebagian besar sistem kekebalan terletak di usus. Kondisi kesehatan usus mempengaruhi mulai dari kesehatan kulit sampai suasana hati. Dikutip dari laman Harpers Bazaar, berikut tanda usus Anda bermasalah menurut terapis gizi Claire Barnes.

Sering flu

Sistem kekebalan dalam usus adalah garis pertahanan pertama melawan virus berbahaya yang dapat masuk ke dalam aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Pastikan Anda makan makanan yang sehat, mengonsumsi sayuran berwarna yang bervariasi dan protein sehat seperti ikan, daging, dan kacang polong serta minum banyak air.

Selain itu, mengonsumsi minuman dan makanan fermentasi setiap hari seperti yogurt dan kimchi dapat membantu menjaga flora usus agar seimbang dan meningkatkan fungsi pencernaan dan kekebalan.

photo
Pilek/ilustrasi

Kebiasaan tidur yang buruk

Menjaga rutinitas teratur setiap hari bermanfaat untuk ritme sirkadian alami. Bagian dari rutinitas ini termasuk makan dengan jadwal teratur sepanjang hari dan menghindari makan ketika sudah larut malam.

Makan makanan yang kaya protein, terutama yang mengandung asam amino triptofan dapat membantu meningkatkan melatonin di otak. Melatonin adalah hormon relaksasi yang diperlukan untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Ini diproduksi di dalam tubuh dalam jumlah yang semakin meningkat selama malam hari.

Baca juga: Mau Usus Sehat? Yuk, Jaga Jantung

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA