Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Dokter Paparkan Cara Merawat Kulit yang Benar

Senin 26 Nov 2018 16:55 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Wanita sedang melakukan perawatan kulit wajah.

Wanita sedang melakukan perawatan kulit wajah.

Foto: EPA
Perawatan kulit dapat dilakukan dengan tiga langkah mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit seringkali dianggap remeh dibandingkan organ lainnya. Karena kulit menempel di badan banyak orang yang menggangapnya sepele dan dianggap tidak penting.

Baca Juga

Ketika gatal hanya digaruk bahkan didiamkan sampai lama. Padahal bila dibiarkan akan mengganggu aktivitas.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr Edwin Tanihaha, SpKK, menjelaskan kulit memiliki peran penting dalam melindungi tubuh. Sehingga kita patut melakukan perawatan diri secara rutin setiap hari agar terjaga kualitasnya. Lalu bagaimana cara merawat kulit yang benar?

Menurutnya perawatan untuk kulit dapat dilakukan dengan tiga langkah mudah, yaitu membersihkan wajah dan tubuh minimal dua kali sehari. Bila Anda menggunakan kosmetik, bersihkan wajah dengan sabun khusus wajah, susu atau minyak pembersih juga toner. Namun jika tanpa kosmetik cukup cleanser dan toner saja cukup.

Selain itu, gunakan pelembab baik berupa serum ataupun krim harian. Anda juga harus selalu ingat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Karena itu disarankan untuk menggunakan sunscreen.

Umumnya dalam keadaan normal sunscreen bisa bertahan 3 sampai 4 jam sekali oles. Setelah itu tidak ada gunanya lagi. Sementara bila Anda berenang atau olahraga, sunscreen hanya bertahan selama 30 menit. Karena itu harus diaplikasikan ulang.

Gunakan sunscreen yang mengandung SPF 30 atau 50. Ia mengatakan untuk SPF 30 sebaiknya gunakan dalam bentuk krim atau gel. Sementara untuk SPF 50 gunakan yang berbentuk spray water atau gel. "Karena kalau pakai lotion krim diwajah semakin tinggi SPF-nya maka semakin berminyak."

Anda juga bisa menggunakan krim malam untuk membuang sel kulit mati. Pilihan lainnya adalah masker. Masker ada yang berbentuk gel, pasta, maupun bubur. Pilihan produk perawatan kulit lainnya adalah pil yang mengandung antioksidan dan mencerahkan.

Jangan lupa berikan nutrisi tambahan agat kulit cerah, kenyal dan awet muda. Pastikan juga memilih produk dengan kandungan yang aman dan tekstur yang sesuai dengan jenis kulit. Pilih produk yang terpercaya dengan label BPOM atau FDA.

Selain menggunakan produk yang tepat, perubahan gaya hidup penting. Yaitu jangan merokok, air putih cukup, olahraga, hindari stres, dan cukup tidur. "Kita harus seimbangkan antara penggunaan perawatan kulit tepat dan gaya hidup tepat karena kalau tidak akan merusak kulit kita sendiri."

Di usia berapa harus mulai menjaga kulit? Dokter Edwin mengatakan, sebaiknya sedini mungkin. Sebab kulit sudah mengalami penuaan sejak usia 25 tahun. "Semakin usia tambah harus tambah ganteng dan cantik tidak boleh sebaliknya," ujarnya.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA