Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Cara Menyimpan Rempah Agar Kualitas Terjaga

Senin 26 Nov 2018 07:34 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah

Rempah-rempah

Rempah-rempah

Foto: Tahta Aidilla/Republika.
Cara penyimpanan bumbu atau rempah sangat bergantung pada jenisnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chef Alifatqul Maulana mengatakan ada tiga komponen penting dalam bumbu atau rempah yang harus dijaga. Ketiga komponen tersebut adalah aroma, rasa dan warna. Cara penyimpanan yang kurang baik dapat merusak komponen-komponen penting dalam bumbu ini.

Cara penyimpanan bumbu atau rempah sangat bergantung pada jenisnya. Secara umum, Alifatqul mengatakan ada tiga jenis bumbu, yaitu bumbu segar, bumbu crushed atau yang sudah dihaluskan dan bumbu dalam bentuk bubuk.

Untuk bumbu segar, seperti bumbu berbentuk daun, sebaiknya disimpan di lemari pendingin. Akan tetapi, daun-daun ini sebaiknya dibungkus dengan tisu bukan kertas koran seperti kebiasaan kebanyakan orang.

"(Gunakan tisu) agar daun tetap lembap dan tidak kering," ujarnya saat peluncuran Koepoe-Koepoe Professional di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Sedangkan untuk bumbu yang dihaluskan dan bubuk, sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan. Setelah segel dibuka, pastikan bumbu kembali ditutup rapat setelah digunakan agar kualitas bumbu tidak rusak.

Cara penyimpanan yang kurang baik dapat membuat bumbu bubuk menggumpal. Chef Alifatqul mengatakan bumbu bubuk yang menggumpal sebenarnya sudah rusak karena aroma pada bumbu sudah menghilang.

"Padahal setiap masakan kan kita butuh aroma," ujar Alifatqul.

Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil rempah terbesar di dunia sejak era 1.500-an. Tak heran rempah-rempah menjadi salah satu faktor penting yang memperkuat cita rasa masakan Indonesia dari berbagai penjuru daerah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA