Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Konsumsi Makanan Ini Agar Tidur lebih Lelap

Kamis 22 Nov 2018 08:41 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Susah tidur (ilustrasi)

Susah tidur (ilustrasi)

Mengonsumsi putih telur membantu orang lebih cepat tidur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang sulit tidur musim panas atau bila musim kemarau di daerah tropis karena gerah dan berkeringat di malam hari. Ahli diet di Australia, Sharon Natoli mengatakan makanan pada dasarnya merupakan obat penenang alami.

"Makanan sederhana, seperti telur di malam hari bisa menjadi penenang alami saat tidur. Ini karena putih telur membantu tubuh memproduksi melatonin yang menimbulkan rasa kantuk," kata Natoli, dilansir dari Cosmopolitan, Kamis (22/11).

Putih telur juga kaya akan asam amino tiptophan yang merangsang otak tidur lebih lama dan nyenyak. Kebiasaan mengonsumsi es krim sebelum tidur bukan cara terbaik supaya terlelap.

photo
putih telur

Peneliti dari Universitas Queensland, Peter Poortvliet mengatakan tubuh akan menghasilkan panas untuk mencerna makanan. Memasukkan sesuatu yang dingin, seperti es krim ke dalam tubuh justru menurunkan suhu tubuh.

"Mengonsumsi makanan yang kaya kalori dapat meningkatkan suhu tubuh," kata Poortvliet.

The Sleep Advisor menambahkan sebaiknya hindari tidur dengan kipas angin. Kipas angin hanya menyirkulasikan udara untuk membuat udara lebih sejuk dan segar, namun bisa mengedarkan debu dan serbuk sari yang membuat seseorang menderita alergi, asma, atau hay fever.

"Perhatikan kipas angin Anda. Jika baling-balingnya penuh dengan debu dan partikel-partikel kotor di udara, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu," kata Poortvliet. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA