Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Suami Istri Harus Selalu Membangun Cinta

Senin 19 Nov 2018 09:57 WIB

Red: Ani Nursalikah

Pasangan suami istri.

Pasangan suami istri.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Cinta merupakan pondasi dasar dalam kehidupan rumah tangga.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Master of Spiritual Life Yoyok Suharto mengatakan pasangan suami istri harus selalu membangun cinta dalam keluarga agar tercipta kehidupan rumah tangga yang damai, tenteram, nyaman, dan bahagia lahir batin.

"Membangun cinta dalam keluarga adalah sebuah harapan besar bagi pasangan suami istri agar dapat mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah (samawa)," kata Yoyok Suharto yang akrab disapa Gus Salam di Yogyakarta, Ahad malam (18/11).

Pada seminar "Menggali Cinta yang Hilang" dan peluncuran buku online Terapi Cinta, Yoyok mengatakan cinta merupakan pondasi dasar dalam kehidupan rumah tangga yang seharusnya menjadi surga bagi penghuninya. "Namun, situasi saat ini yang penuh dengan segala tuntutan dan tanggung jawab yang besar dalam dunia pekerjaan menyita banyak waktu, tenaga, dan pikiran untuk menyelesaikan tanggung jawab tersebut," katanya.

Kondisi itu, menurut dia, mengakibatkan kurangnya pertemuan dan komunikasi di dalam keluarga. Hidup hanyalah sebatas rutinitas dan kewajiban fisik sehingga kadar cinta di dalam batin mengalami pemudaran dan kehampaan.

"Kehidupan rumah tangga, yang selama ini diidam-idamkan menjadi surga dalam keluarga, kini tidak lagi bisa menjadi kenyataan. Bingung dan gelisah selalu melanda diri karena kondisi perasaan atau banyaknya sampah batin menumpuk dalam diri," katanya.

Menurut dia, komunikasi yang kurang baik, kurangnya perhatian, jarangnya bertemu dengan anggota keluarga, hilangnya kepercayaan serta rasa bosan di antara pasangan suami istri menjadi penyebab pudarnya rasa cinta dalam keluarga. Hidup hanya sekadar melepaskan kewajiban belaka, namun kenyataannya hati merana dan hampa.

"Oleh karena itu, jangan biarkan sampah batin menyebabkan kehidupan kita berantakan dan menghancurkan kehidupan keluarga kita. Sayangi dan selamatkanlah keluarga kita dari kehancuran," kata Yoyok.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA