Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Libur Akhir Tahun, Yogyakarta Siapkan Pentas Gamelan

Senin 19 Nov 2018 09:26 WIB

Red: Hazliansyah

Kawasan Jalan Malioboro Yogyakarta.

Kawasan Jalan Malioboro Yogyakarta.

Foto: Yusuf Assidiq.
Pentas gamelan akan digelar di Jalan Malioboro

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyiapkan dua kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan pada libur akhir tahun. Yaitu pentas gamelan di Jalan Malioboro dan pentas musik di Pasar Seni dan Kerajinan Yogyakarta, XT-Square.

"Kegiatan sengaja dilakukan di dua lokasi yang berbeda. Tujuannya untuk memecah kepadatan wisatawan pada libur akhir tahun, khususnya saat malam pergantian tahun," kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Atraksi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Edi Sugiharto.

Menurut dia, dua kegiatan yang akan digelar pada libur akhir tahun tersebut akan lebih menonjolkan aspek kesenian. Namun memiliki perbedaan yang signifikan, yaitu seni tradisional dengan seni yang lebih modern.

Namun demikian, lanjut Edi, kedua jenis pentas kesenian tersebut memiliki tujuan yang sama. Yaitu memberikan hiburan kepada wisatawan yang diperkirakan akan memadati Kota Yogyakarta saat libur akhir tahun.

Kegiatan yang lebih menonjolkan seni tradisional akan dipentaskan di Jalan Malioboro yaitu pentas gamelan yang digelar dua hari, 24-25 Desember. Kelompok yang tampil adalah kelompok kesenian dari wilayah.

"Kami akan seleksi dan dipilih penampil terbaik karena wilayah banyak memiliki kelompok gamelan," katanya.

Edi mengatakan, ide untuk menampilkan kesenian tradisional saat libur akhir tahun di Jalan Malioboro dilatarbelakangi oleh masukan dari wisatawan dan pelaku ekonomi di kawasan tersebut yang berharap agar kesenian asli Yogyakarta dapat meramaikan sekaligus memberikan hiburan kepada wisatawan yang menghabiskan libur akhir tahun di Yogyakarta.

Beberapa titik alternatif yang bisa digunakan untuk pentas gamelan di antaranya bisa dilakukan di kawasan Titik Nol Kilometer, depan kompleks Kepatihan, atau di depan Dinas Pariwisata DIY.

"Nanti akan kami koordinasikan lebih lanjut," katanya.

Sedangkan pentas kesenian di Pasar Seni dan Kerajinan Yogyakarta, XT-Square, akan lebih mengedepankan kesenian modern berupa pentas musik yang akan dimeriahkan oleh sejumlah artis asal Kota Yogyakarta. Pentas musik tersebut akan digelar tepat pada malam pergantian tahun, 31 Desember.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA