Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Hotel di Yogyakarta Bersiap Sambut Libur Tahun Baru

Rabu 14 Nov 2018 09:45 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi

Ilustrasi

Foto: Republika/Amin Madani
Hotel menyiapkan berbagai acara untuk mendongkrak jumlah tamu.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pelaku industri perhotelan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai menyiapkan kegiatan dan paket khusus untuk mendongkrak okupansi menyambut libur akhir tahun. "Banyak hal yang kami sudah siapkan, di antaranya acara di malam Tahun Baru dan paket malam Natal," kata Public Relation Hotel Tentrem, Venta Pramusanti, Rabu (14/11).

Menurut dia, tren tingkat okupansi atau hunian kamar hotel selama liburan akhir tahun biasanya mampu mencapai rata-rata di atas 95 persen. Bahkan reservasi kamar untuk malam tahun baru di Hotel Tentrem saat ini sudah mencapai  75 persen.

Ia mengatakan khusus untuk malam tahun baru Hotel Tentrem menggelar konser musik "The Best of 2 Divas Concert" yang menampilkan Titi DJ dan Reza Artamevia. Harga tiket dijual mulai Rp 350 ribu untuk kelas tiket silver.

Hotel juga menyiapakan paket makan malam untuk Natal dan Tahun Baru. "Selain konser dan makan malam, di Desember, hotel akan dihias dengan dekorasi khas Natal dan Tahun Baru," kata Venta.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro mengatakan momentum libur natal dan tahun baru masuk kategori peak season dan khusus malam tahun baru very peak season bagi perhotelan di Yogyakarta. Dengan demikian, seluruh perhotelan berbintang tiga hingga lima di Yogyakarta akan menyiapkan agenda khusus untuk berlomba-lomba menarik pengunjung.

"Hotel-hotel akan menerapkan full rate tanpa diskon bahkan ada yang mengenakan surcharge (biaya tambahan)," kata dia.

Menurut Istijab, selama libur akhir tahun okupansi hotel yang berada di ring satu atau di pusat Kota Yogyakarta bisa di atas 90 persen hingga 100 persen. Sedangkan untuk ring dua mencapai 80-90 persen, dan ring tiga mencapai 70-80 persen.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA