Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

5 Gejala Kanker Paru yang Harus Diwaspadai Perempuan

Sabtu 03 Nov 2018 01:32 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Gita Amanda

Ilustrasi kanker paru

Ilustrasi kanker paru

Foto: Antara
Lima sampai 10 persen orang yang didiagnosa kanker paru adalah bukan perokok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya perokok aktif, kanker paru juga bisa menyerang mereka yang tidak merokok. Dilansir di Women's Health, Rex Chin-Weu Yung dari departemen onkologi Universitas Johns Hopkins mengatakan lima sampai 10 persen orang yang didiagnosa kanker paru adalah bukan perokok.

Dalam hal ini, perempuan adalah yang paling banyak menjadi korban. Lebih parah, kanker paru merupakan penyebab kematian yang paling banyak dibandingkan kanker payudara dan usus. Untuk pencegahan ke stadium lebih lanjut, ada baiknya para perempuan mengetahui apa saja gejala-gejala umum dari kanker paru.

1. Batuk yang tidak kunjung sembuh

Batuk adalah salah satu penyakit yang seringkali dianggap sepele dan diabaikan. Namun apabila batuk sudah berlangsung selama berbulan-bulan, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter karena bisa jadi itu gejala kanker paru.

Untuk mendeteksi kanker paru, dokter biasanya menggunakan sejumlah tes, x-ray dada atau CT scan. Namun dari kedua tes tersebut, CT scan jauh lebih efektif untuk mengenali tahapan-tahapan awal kanker paru.

2. Berat badan turun drastis

Turunnya berat badan secara drastis adalah tanda umum dari berbagai penyakit kanker termasuk kanker paru. Penyakit ini menghabiskan banyak nutrisi yang seharusnya diserap oleh tubuh. Jika berat badan turun lebih dari 5-10 persen dari biasanya padahal tidak sedang program diet, hal tersebut perlu diwaspadai.

3. Tulang terasa sakit

Kanker paru yang telah menyebar ke organ tubuh lainnya biasanya akan menyebabkan rasa sakit pada tulang dan persendian. Area tulang yang paling sering terasa sakit adalah tulang belakang dan pinggul.

4. Merasa lelah sepanjang waktu

Merasakan lelah adalah suatu hal yang biasa dalam hidup. Namun, lelah yang berkepanjangan padahal tingkat aktivitas tidak tinggi patut untuk diwaspadai. Segera periksakan ke dokter terlebih jika kelelahan ini juga disertai dengan gejala-gejala lainnya.

5. Otot terasa lemah

Selain tulang, kanker paru biasanya juga berdampak terhadap otot-otot tubuh. Gejala dari kanker paru adalah otot-otot yang mulai melemah. Area yang paling sering terasa lemah adalah bahu, lengan dan kaki.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA