Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Tips Agar Nyaman Saat Liburan

Jumat 02 Nov 2018 05:07 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ani Nursalikah

Wanita liburan.

Wanita liburan.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ada baiknya mempersiapkan perencanaannya dari sekarang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Libur sekolah akhir tahun sudah sangat dekat. Momen itu biasanya dimanfaatkan orang tua mengajak anak-anak beserta keluarga bepergian keluar kota, baik untuk jalan-jalan maupun sekadar berkunjung ke kampung halaman.

Tidak hanya anak sekolah, di akhir tahun biasanya banyak juga karyawan kantoran yang mengambil cuti panjang untuk berlibur hingga menyambut tahun baru. Agar momen liburan bisa dilalui dengan nyaman dan menyenangkan, ada baiknya mempersiapkan perencanaannya dari sekarang.

Pilih destinasi yang tepat

Media sosial adalah tempat yang paling tepat untuk mencari referensi destinasi mana yang seru untuk liburan. Di media sosial, Anda bisa melihat tempat-tempat mana saja yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. Foto-foto dari para pengguna akan membantu Anda mempertimbangkan destinasi mana yang cocok dengan keinginan Anda. 

Cari tiket dengan penawaran terbaik

Bepergian di akhir tahun bisa sangat menguras kantong. Bertepatan dengan libur sekolah dan berbagai perayaan di akhir tahun, harga tiket dan penginapan biasanya melambung naik karena tingginya permintaan. Untuk mengantisipasi ini, lakukan pemesanan sejak jauh hari dengan melakukan perbandingan agensi sebelumnya.

Jangan membawa banyak barang

Jika ingin bepergian dengan nyaman, sebisa mungkin minimalkan barang bawaan tanpa mengabaikan kebutuhan dasar seperti bawa pakaian secukupnya. Membawa anak kecil dengan barang bawaan yang banyak tentunya akan sangat merepotkan. Yang terpenting adalah semua dokumen yang dibutuhkan untuk bepergian, seperti paspor masih valid atau belum kedaluwarsa.

photo
Pengunjung mencoba wahana menantang di obyek Gumuk Reco, Desa Wisata Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Liburan akhir tahun desa wisata ini dibanjiri pengunjung.

Membeli asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan kini hadir dalam berbagai bentuk. Dengan ini Anda akan terbantu apabila terjadi kehilangan bagasi, keterlambatan hingga pembatalan penerbangan.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA