Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Manfaat Sehat Jauhi Minuman BerKafein (2)

Jumat 26 Oct 2018 21:51 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Minum kopi dalam jumlah besar secara rutin mengakibatkan kecanduan akan kafein. Sementara kafein memiliki sejumlah dampak buruk bagi tubuh.

Minum kopi dalam jumlah besar secara rutin mengakibatkan kecanduan akan kafein. Sementara kafein memiliki sejumlah dampak buruk bagi tubuh.

Foto: flickr
Tidak mengonsumsi kafein membantu anda untuk lebih awet muda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyesap secangkir kopi di pagi hari merupakan kebiasaan wajib yang dilakoni sebagian orang. Beberapa studi mengungkap kafein pada kopi  tidak membahayakan kesehatan asal diminum dalam jumlah yang terkontrol. 

Baca Juga

Akan tetapi, tahukah anda ternyata menjauhkan diri dari kafein membantu tubuh semakin sehat. Dilansir dari Healthline, berikut sederet manfaatnya. 

Baca: Manfaat Sehat Jauhi Minuman Berkafein (1)

Kurangi tekanan darah

Menyingkirkan kafein dari menu harian anda akan berpengaruh baik untuk tekanan darah. Kafein terbukti menaikkan tekanan darah dengan memberikan stimulus pada sistem syaraf. Minum tiga sampai lima cangkir kafein per hari juga dikaitkan dengan tingginya risiko penyakit kardiovaskular.

Seimbangkan otak

Bukan berita baru bahwa kafein bisa memperbaiki suasana hati. Namun, kafein dapat pula mengganggu kondisi otak sebagaimana yang dilakukan oleh kokain. Oleh karena itu para ilmuwan setuju kafein sama-sama menimbulkan ketergantungan seperti mengonsumsi narkoba. 

Mereka yang tidak minum kafein tidak perlu cemas akan bahaya ketergantungan itu. Bagi mereka yang memutuskan berhenti dari kafein, ada kemungkinan terjadi perubahan mood secara tiba-tiba karena perubahan kebiasaan.

Kurangi sakit kepala

Bagi anda yang terlanjur gandrung terhadap kafein, cepat lelah dan susah konsentrasi akan terjadi jika sehari tanpa kafein. Salah satu efek dari menghentikan konsumsi kafein adalah timbulnya sakit kepala. Tapi jangan cemas karena efek tersebut hanya sementara.

Pencernaan lebih sehat

Kopi menciptakan efek laksatif yang menstimulasi kerja usus. Konsumsi kafein dalam jumlah besar dapat mengakibatkan diare dan buang air terus menerus. Minuman berkafein juga berkontribusi menyebabkan gastroesophageal reflux disease (GERD).

Perlambat tanda penuaan

Berbahagialah anda yang tidak doyan kafein karena itu artinya anda memperlambat tanda-tanda penuaan. Kafein akan menghambat kerja kolagen pada kulit manusia. Padahal kolagen berperan penting menjaga kulit, tubuh, dan kuku terlihat segar. Menghindari kopi di pagi hari adalah langkah tepat agar tetap awet muda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA