Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Zimbabwe 3 Besar Destinasi Lonely Planet, Bagaimana RI?

Jumat 26 Oct 2018 12:11 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Ani Nursalikah

Air terjun Victoria, Zimbabwe

Air terjun Victoria, Zimbabwe

Foto: News
Meski kerap diberitakan miring oleh media, wisawatan justru penasaran datang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Zimbabwe, negara di Benua Afrika ini dilaporkan menjadi salah satu tujuan utama para pelancong pada 2019. Menurut sebuah penerbit buku dan panduan perjalanan global, Lonely Planet, Zimbabwe masuk di urutan ketiga daftar negara-negara terbaik untuk dikunjungi pada 2019.

Laporan Lonely Planet berdasarkan pada nominasi editor, peneliti, penduduk setempat, dan influencer. Nominasi kemudian dikerucutkan menjadi 10 teratas oleh panel hakim dengan mencoba menemukan tempat terbaik yang unik, menarik serta waktu yang tepat.

Publikasi Lonely Planet menuliskan, meskipun tak jarang Zimbabwe diberitakan miring oleh media, rupanya justru menarik para wisatawan penasaran datang ke sana. Meski berita mengenai Zimbabwe kerap kali soal kelaparan, usia pendek hingga berita cenderung negatif lainnya, bagaimanapun negara ini menjadi satu tujuan paling aman di Afrika.

Zimbabwe adalah salah satu negara yang memiliki penduduk sangat ramah, lima besar taman nasional, reruntuhan arkeologi yang terdaftar sebagai Warisan Dunia, pegunungan berhutan dan tentu saja, Air Terjun Victoria yang perkasa. “Meskipun pemilu 2018 yang kontroversial mungkin telah mengurangi optimisme yang tak terkendali setelah berakhirnya masa pemerintahan Robert Mugabe, harapan untuk negara itu tetap kuat di Zimbabwe," tulis laporan Lonely Planet, seperti dilansir di The South African, Jumat (26/10).

Seperti biasa, kunjungan ke negara ini dipandang oleh penduduk setempat sebagai tanda dukungan untuk mereka dalam perjalanan membuka lembaran baru. Dalam kategori 10 negara teratas, Lonely Planet juga mencatat, Sri Lanka dan Jerman layak dikunjungi pelancong.

Nama Zimbabwe berasal dari bangunan batu Zimbabwe Besar (Great Zimbabwe) atau Dzimbahwe yang masuk daftar World Heritage pada 1986. Bangunan Zimbabwe Besar dibangun etnis Shona (Bantu) antara abad ke-11 dan 15. Pahatan delapan burung ditemukan selama penggalian reruntuhan Zimbabwe Besar.

Zimbawe terletak di Afrika Selatan, antara sungai Zambezi dan sungai Limpopo. Berakit di sungai Zambezi menjadi salah satu hal menarik bagi wisatawan. Di bawah ketinggian 350 kaki dan 5.600 kaki, lebarnya air terjun Victoria melintasi beberapa jurang sempit dan arus deras.

Berikut 10 negara destinasi wisatawan teratas Lonely Planet 2019

  1. Sri Lanka
  2. Jerman
  3. Zimbabwe
  4. Panama
  5. Kirgistan
  6. Yordania
  7. Indonesia
  8. Belarus
  9. Sao Tome dan Principe
  10. Belize

Kota-kota terbaik Lonely Planet 2019

  1. Kopenhagen, Denmark
  2. Shenzhen, Cina
  3. Novi Sad, Serbia
  4. Miami, FL, AS
  5. Kathmandu, Nepal
  6. Mexico City, Meksiko
  7. Dakar, Senegal
  8. Seattle, WA, AS
  9. Zadar, Kroasia
  10. Meknes, Maroko

Wilayah terbaik Lonely Planet 2019

  1. Piedmont, Italia
  2. The Catskills, USA
  3. Peru Utara
  4. The Red Centre, Australia
  5. Dataran Tinggi dan Pulau Skotlandia
  6. Timur Jauh Rusia
  7. Gujarat, India
  8. Manitoba, Kanada
  9. Normandia, Prancis
  10. Lembah Elqui, Cile.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA