Jumat, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Jumat, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Menyiasati Gizi Seimbang Vegetarian dengan Kedelai

Rabu 24 Okt 2018 12:10 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari

Salad sayur, makanan vegetarian.

Salad sayur, makanan vegetarian.

Foto: Max Pixel
Penganut pola makan non-daging tetap harus mengadaptasi konsep gizi seimbang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola makan vegetarian menjadi gaya hidup yang berkembang di dunia. Vegetarian atau dikenal tidak memakan daging-dagingan ini ada yang benar-benar murni alias tidak mengonsumsi produk hewani. Ada pula yang masih toleran terhadap produk berasal dari hewan, seperti susu dan telur.

Baca Juga

Sebenarnya, bagaimana vegetarian di mata ahli pangan? Menurut Prof Made Astawan, MS, Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB, para vegan  biasanya banyak yang hanya menerima protein nabati, sehingga rendah vitamin B12. Vegan adalah mereka yang bahkan tidak minum susu atau telur.

"Tren vegetarian kurang lebih 500 juta di dunia, di Indonesia ada 1 jutaan, kalau yang vegan makan suplemen B12 saja, itu saja sih, kalau soal asupan protein tak jadi masalah," kata Made di Jakarta, Rabu (24/10).

Made menyarankan vegan bisa mengonsumsi alternatif jika benar-benar tidak ingin mengonsumsi protein hewani. Misalnya seperti kedelai yang diformulasikan menjadi olahan susu.

Konsumsi ini tergantung kebutuhan. Vegan bisa mengonsumsi susu soya murni ataupun yang diformulasikan.

"Jadi misal bisa memakan kedelai yang diformulasi sedemikian rupa. Misal ASI ya, buatan Tuhan, susu formula buatan manusia, tapi kandungannya dibuat mendekati lah. Begitu juga kedelai, susu soyaa bisa dibuat dengan kandungan lengkap," lanjutnya.

Made menambahkan, untuk hidup sehat, pangan-pangan yang dikonsumsi, jangan asal enak. Tapi juga harus fungsional. Susu soya, menurutnya punya kelebihan, seperti kadar lemak dan gula yang rendah daripada susu sapi.

Laktosa, menurutnya, adalah satu-satunya gula yang ada pada susu sapi. Susu soya juga mengandung serat yang banyak manfaatnya, salah satunya untuk anti-kanker.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA