Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Jenis Kacang yang Ampuh Atasi Hipertensi

Senin 15 Oct 2018 04:55 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ani Nursalikah

Kacang Pistachio

Kacang Pistachio

Foto: dailymail
Hindari kacang panggang kering, asin, beraroma, dan mengandung madu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi juga dikenal sebagai hipertensi, dapat menyebabkan implikasi yang mengancam jiwa jika tidak diobati, seperti serangan jantung dan strok.

Seperti dilansir di laman Express, Ahad (14/10), hal tersebut mungkin terjadi karena hipertensi menempatkan tekanan pada pembuluh darah dan dapat memperbesar jantung, membuat pembuluh darah tersumbat, pecah atau bocor, dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ utama. Hal ini juga meningkatan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit ginjal, asam urat, demensia vaskular, dan masalah dengan penglihatan Anda.

Tapi tekanan darah tinggi sering dapat dicegah atau dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Kacang-kacangan direkomendasikan sebagai bagian dari diet sehat, seimbang serta memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk menurunkan pembacaan tekanan darah tinggi.

Jadi kacang mana yang terbaik bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi? Menurut sebuah penelitian, diet yang mengandung pistachio mengurangi tekanan darah sistolik dan respons vaskular perifer pada stres orang dewasa dengan dislipidemia.

Selain itu, kacang pistachio dalam diet rendah lemak dapat mengurangi tekanan darah selama masa stres. Penelitian lain menemukan almond memiliki efek yang serupa. Keduanya dapat dengan mudah dimakan sebagai camilan atau sebagai tambahan salad.

photo
Kacang almond

Tapi kacang-kacangan lainnya, seperti kacang brasil, kacang mete dan kacang makadamia harus dihindari. Kacang-kacangan ini lebih tinggi lemak jenuh yang buruk bagi tingkat kolesterol tubuh. Jika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah, itu bisa menumpuk di sisi arteri, mempersempitnya dan meningkatkan risiko serangan jantung atau strok.

Kacang panggang kering, asin, beraroma atau madu panggang yang disertai dengan garam ekstra juga harus dihindari. Garam membuat tubuh Anda menahan air, jadi jika Anda makan terlalu banyak, air ekstra yang tersimpan dalam tubuh Anda meningkatkan tekanan darah Anda. Sementara potassium membantu menyeimbangkan efek negatif garam dan menurunkan tekanan darah Anda.

Blood Pressure UK menyarankan mendapatkan manfaat lebih banyak potasium dalam hidup Anda, cobalah makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Satu porsi sama dengan ukuran kepalan tanganmu.

Tak hanya akan membantu menurunkan tekanan darah Anda, itu juga akan membantu Anda untuk menghindari kanker tertentu, masalah usus dan bahkan serangan jantung atau strok. Sumber potasium yang baik termasuk kentang, ubi jalar, pisang, saus tomat (tanpa garam atau gula tambahan), jus jeruk, tuna (segar, beku atau kaleng, tetapi hindari tuna yang dikemas dalam air garam), yoghurt dan susu bebas lemak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA