Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Minum Alkohol Picu Bau Badan tak Sedap

Rabu 26 Sep 2018 16:17 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Bau badan pria (Ilustrasi)

Bau badan pria (Ilustrasi)

Foto: Health
Ahli menyebut tubuh memperlakukan alkohol seperti racun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum minuman beralkohol sudah terbukti memicu berbagai masalah kesehatan. Tidak hanya itu, minuman keras ternyata juga dapat mengubah bau badan dan aroma keringat menjadi tidak sedap.

Baca Juga

"Tubuh memperlakukan alkohol seperti racun, tetapi liver pada sistem metabolisme normal hanya dapat memproses sekitar 12 ons bir per jam," kata psikolog klinis dan ahli penyalahgunaan zat, John Mayer. 

Dia menjelaskan, minum alkohol menyebabkan pembuluh darah di dekat kulit membesar. Hal itu membuat kulit memerah atau panas dan akibatnya mengakibatkan tubuh berkeringat.

Berolahraga di pagi hari setelah minum alkohol pada malam sebelumnya juga memperparah aromanya. Disampaikan pakar diet Jim White, tubuh menghilangkan sisa alkohol melalui proses yang disebut oksidasi.

Tubuh memecah racun menjadi bagian yang lebih kecil yang disebut asam diakonia, karbon dioksida, dan air. Dengan begitu, sisa metabolisme dikeluarkan tubuh melalui urine atau keringat.

Alasan mengapa keringat dan urine begitu bau adalah karena asam diakonia memiliki aroma menyerupai cuka. Semakin tinggi kandungan alkohol dalam minuman, tubuh semakin banyak melakukan oksidasi.

Sebagai pencegahan, pilihan terbaik adalah dengan tidak minum alkohol. Opsi lain, jaga tubuh terhidrasi dengan banyak minum air putih. "Air membantu tubuh mengeluarkan alkohol lebih cepat, membuat keringat tidak terlalu berbau cuka," kata White, dilansir dari laman Well and Good.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA