Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Tips Liburan Keluarga Meriah dan Hemat

Ahad 23 Sep 2018 05:54 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Liburan bersama keluarga (Ilustrasi)

Liburan bersama keluarga (Ilustrasi)

Foto: The Guardian
Jangan mengubah rencana liburan karena akan menimbulkan pengeluaran tak terduga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liburan bersama keluarga memang asyik. Tapi akan lebih menyenangkan bila liburan bersama keluarga ini bisa lebih meriah namun tetap hemat. Apakah liburan dilakukan di hari biasa atau hari libur, keduanya tetap bisa berhemat dengan cara yang tepat.

Lalu, bagaimana cara liburan meriah namun tetap bisa hemat? Berikut tips liburan keluarga murah meriah dengan bujet yang ramah di kantong, seperti dikutip dari Cermati.com.

Menabunglah Jauh-Jauh Hari

Pertama yang harus dilakukan sebelum merencanakan liburan bersama keluarga adalah menabung dari jauh-jauh hari. Ini penting karena dengan demikian Anda bisa mempersiapkan kebutuhan berlibur dan masih punya banyak waktu untuk menemukan harga tiket transportasi, penginapan, dan lainnya, yang murah.

Sebagai contoh, Anda ingin menyewa villa dengan fasilitas yang lengkap dan bagus dengan harga murah. Karena Anda sudah memiliki tabungan, maka Anda bisa memesannya dari jauh-jauh hari.

photo

Liburan keluarga

Tentukan Jadwal Liburan

Selanjutnya adalah menentukan jadwal untuk berlibur, hal ini menjadi sangat penting sekali, bahkan harus dilakukan jauh-jauh hari. Jangan menganggap jika mengatur jadwal adalah hal yang mudah, karena tentu Anda harus menyesuaikan jadwal seluruh anggota keluarga.

Pastikan anggota keluarga yang berencana ikut berlibur benar-benar bisa ikut. Jangan sampai semua kebutuhan termasuk tiket perjalanan sudah dibeli, namun ternyata tidak bisa ikut pada hari H. Jadi, persiapkan waktu untuk berlibur dengan baik.

Perkirakan Bujet dengan Tepat

Nah, yang tak kalah penting adalah ketersedian bujet atau anggaran yang pas untuk berlibur, tidak terlalu berlebihan, juga tidak kekurangan. Saat berlibur, jangan juga membawa dana yang berlebih karena itu akan memicu Anda berlaku boros saat berlibur. Begitu juga sebaliknya, jangan sampai kekurangan bujet karena akan menyusahkan Anda nantinya.

Sebaiknya Anda memperkirakan berapa biaya yang Anda mampu keluarkan untuk berlibur. Dan kembali pada poin sebelumnya, di sini Anda harus memastikan dengan siapa saja Anda pergi, jadwal yang tepat juga akan sangat berpengaruh pada besarnya biaya yang dibutuhkan.

Karena jika Anda pergi pada musim liburan, maka biaya akan berbeda dengan hari biasa. Oleh karena itu sebaiknya pastikan dengan tepat siapa saja yang akan pergi dengan Anda dan kapan Anda akan berlibur untuk menentukan bujetnya.

photo

Liburan bersama keluarga

Tentukan Tempat Liburan yang akan Dituju

Selanjutnya adalah menentukan tujuan liburan Anda. Pastikan jika seluruh keluarga setuju dengan tujuan liburan kali ini. Tempat tujuan liburan Anda akan menentukan berapa biaya yang harus Anda keluarkan nantinya.

Pastikan jika Anda mampu memenuhi seluruh biaya liburan tersebut tanpa menguras kantong. Caranya? Jangan pernah mengubah tujuan tempat liburan yang sudah ditentukan sebelumnya. Karena hal ini akan menimbulkan biaya-biaya yang terduga.

Rajinlah Cari Tiket Promo

Berikutnya adalah rajinlah mencari tiket promo, baik itu pesawat, hotel, atau tiket masuk ke area liburan bersama keluarga. Anda bisa mencari tahu tiket promo melalui situs-situs agen perjalanan, dan hal ini akan sangat membantu Anda dalam menyusun jadwal. Selain itu Anda juga dapat mendaftarkan nomor telepon, e-mail pada situs tersebut agar nantinya mendapatkan pemberitahuan yang diperlukan seperti promo, dan sebagainya.

Bawalah Kamera Sendiri

Kamera merupakan salah satu perlengkapan liburan yang penting dan harus dibawa kemanapun Anda berlibur. Mengapa ini penting? Karena tentu Anda ingin mengabadikan momen berharga dengan keluarga dan di tempat tersebut, bukan?

Anda bisa menggunakan kamera ponsel, kamera sendiri karena bila menggunakan jasa potret di tempat wisata maka Anda akan membutuhkan biaya lebih untuk mengalokasikannya. Jadi, sebaiknya Anda membawa kamera sendiri karena bisa dengan leluasa mengabadikan momen liburan bersama keluarga tercinta sesuka hati.

Persiapkan dengan Matang dan Nikmati Liburan Keluarga yang Hemat

Dengan persiapan yang matang, maka liburan yang meriah dan hemat bersama keluarga bukan tidak mungkin bisa dilakukan. Untuk itu, jangan anggap remeh perencanaan liburan dengan baik agar semuanya bisa berjalan sesuai harapan.

Nikmati liburan keluarga yang menyenangkan dan keuangan tetap aman karena bisa berhemat. Sehingga setelah liburan usai pun kantong tidak bolong, bukan?

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA