Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Bawa Kucing Tidur di Kasur, Amankah?

Jumat 17 Agu 2018 01:53 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ani Nursalikah

Kucing bermata biru. Ilustrasi

Kucing bermata biru. Ilustrasi

Foto: catster.com
Keberadaan kucing di atas kasur juga bisa mengganggu kualitas tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membawa hewan peliharaan tidur atau sekadar bermain di atas kasur sudah menjadi kebiasaan banyak pecinta binatang, seperti kucing. Tidak heran mereka mau melakukan hal itu sebab kucing bisa memberikan kenyamanan tersendiri bagi orang yang mengadopsinya.

Faktanya, Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CC) mengestimasi sekitar 50 persen pemilik hewan peliharaan di Amerika terbiasa membawa peliharaan tidur di atas kasur bersama mereka. Co-founder Tuck.com, Bill Fish, mengatakan dampak positif dari kebiasaan ini bisa memberikan rasa aman secara emosional dan fisik.

"Membawa hewan peliharaan tidur bersama bisa mengurangi stres dan juga memberikan rasa hangat dan nyaman, bahkan getaran nafas kucing bisa membuat Anda tertidur dengan cepat," kata Fish dikutip Health Line.

Namun tanpa disadari, keberadaan kucing di atas kasur ternyata juga bisa mengganggu kualitas tidur. Sebabnya, menurut founder 911 VETS Steve Weinberg, kucing tergolong hewan nokturnal.

"Secara perlahan hewan ini berpotensi menimbulkan kecemasan dan teror di malam hari sehingga bagi orang yang memiliki pola tidur mudah terbangun akan sulit untuk tidur nyenyak," kata Weinberg.

Di samping itu, kebiasaan membawa kucimg ke atas kasur ternyata juga dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan terutama untuk bayi. Kucing sangat suka tidur atau berbaring di atas dada. Jika hal ini dilakukan pada bayi, maka risikonya bayi bisa mati lemas.

"Jika kucing merasa tidak nyaman atau ketakutan, hewan ini bisa saja menggigit, mencakar atau melompat ke arah si bayi. Cakaran atau gigitan ini bisa memindahkan penyakit ke si bayi," kata Jennifer Maniet dari Petplan Pet Insurance.

Bagi kucing peliharaan yang hanya berkeliaran di dalam ruangan kemungkinan aman untuk dibawa ke atas kasur karena tidak terpapar langsung oleh dunia luar. Lain halnya dengan kucing yang diberi kebebasan untuk bermain bersama hewan lain di luar rumah.

Kucing seperti ini sangat rentan menyebarkan berbagai penyakit dari virus, bakteri dan infeksi. Sejumlah penyakit yang bisa ditimbulkan, yaitu gastrointestinal, cacingan, toxoplasmosis, berbagai wabah hingga infeksi virus.Salah satu cara terbaik agar kucing terhindar dari segala penyakit dan aman dibawa ke kasur adalah dengan melakukan imunisasi rutin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA