Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Pantai Arga Permai Dikembangkan Jadi Tempat Wisata Olahraga

Jumat 27 Jul 2018 16:02 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Sejumlah anak bermain balap sepeda dalam rangkaian Festival Pantai Kuta, Bali, Jumat (14/10). Festival yang digelar selama 3 hari tersebut menampilkan kesenian lokal, wisata kuliner dan berbagai kompetisi lainnya yang melibatkan para wisatawan dan pengunju

Sejumlah anak bermain balap sepeda dalam rangkaian Festival Pantai Kuta, Bali, Jumat (14/10). Festival yang digelar selama 3 hari tersebut menampilkan kesenian lokal, wisata kuliner dan berbagai kompetisi lainnya yang melibatkan para wisatawan dan pengunju

Foto: Antara/Wira Suryantala
Pantai Arga Permai didukung potensi ombak untuk selancar bagi pemula.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIT MALINTANG -- Pemerintah pusat membantu pengembangan objek wisata pantai di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Salah satunya menjadikan pantai sebagai sebagai destinasi wisata olahraga.

"Bantuan itu berupa anggaran senilai Rp 280 juta melalui dana alokasi khusus dari pemerintah pusat. Dana ini akan digunakan untuk pembangunan pergola dan toilet," kata Kepala Disparpora Padang Pariaman, Jon Kenedi di Parit Malintang, Jumat (27/7).

Kawasan wisata yang akan dikembangkan itu adalah Pantai Arga Permai di Kecamatan Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman. Dari total dana itu masing-masing untuk pembangunan toilet sebesar Rp 110 juta, sedangkan pergola Rp 170 juta.

Pembangunan pergola dan toilet tersebut merupakan langkah awal pengembangan kawasan Pantai Arga dari rencana yang telah dibuat. Rencana pengembangan pantai tersebut yaitu wisata olah raga, karena didukung oleh potensi ombak untuk selancar atau "surfing" bagi pemula.

Selain itu pantai ini juga dijadikan wisata olah raga keluarga karena juga akan dibangun pedestrian untuk pesepeda. Dengan adanya pergola tersebut maka dapat menjadi tempat bersantai bagi wisatawan, baik untuk melepas penat maupun menunggu anggota keluarganya berolahraga.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disparpora Padang Pariaman, Wiwiek Herawati menyebutkan pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp 25 miliar untuk pengembangan Pantai Arga Permai. "Karena membutuhkan dana besar maka pembangunannya bertahap," katanya.

Ia mendorong wali nagari di daerah itu untuk menganggarkan dana desa untuk pengembangan objek wisata Pantai Arga.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata Pantai Arga Permai, Epo Yuliadi (28) mengatakan untuk mengembangkan potensi Pantai Arga pihaknya telah membentuk kelompok semenjak beberapa waktu lalu. "Kami menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Arga Permai," ujar dia.

Keunggulan pantai tersebut yaitu ombaknya dapat dimanfaatkan untuk berlatih selancar bagi pemula, dan padang rumput yang lokasinya bersisian dengan danau limpahan muara Sungai Batang Gasan dapat dijadikan lokasi rekreasi keluarga.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA