Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

4 Makanan Antiinflamasi yang Bisa Turunkan Berat Badan

Selasa 24 Jul 2018 19:32 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Biji rami

Biji rami

Foto: Pixabay
Buah berry, salmon, dan biji rami disebut mampu menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini ada banyak jenis dan cara diet yang bisa diterapkan untuk membantu menurunkan berat badan. Namun, tidak semuanya benar-benar baik untuk kesehatan. 

Hal yang terpenting dari diet pada dasarnya adalah memilih makanan sehat, salah satunya kaya akan kandungan antiinflamasi. Berikut empat bahan makanan yang kaya akan antiinflamasi, dilansir dari She Finds.

Salmon

Menurut ahli nutrisi, Colette Heimowitz, Salmon mengandung antioksidan antiinflamasi yang disebut dengan astaxantin. Salmon liar bahkan memiliki kandungan omega-3 yang lebih banyak dari salmon budi daya. 

Salmon juga mengandung banyak vitamin D. Penelitian menunjukkan bahwa kurang mengonsumsi vitamin D bisa menyebabkan penumpukan lemak. 

photo
Ikan salmon kaya akan kandungan kalsium.

Berry

Hampir seluruh jenis buah berry, termasuk blackberry, blueberry, dan raspberry kaya akan serat. Berry juga mengandung manis yang alami sehingga tidak oerlu khawatir mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. 

Satu gelas strawberi hanya mengandung 50 kalori. Sedangkan, setengah gelas raspberry mengandung 4 gram serat, blackberry 3,8 gram serat, dan blueberry sebanyak 1,7 gram serat. Semua berry ini tinggi kandungan polyphenol yang dapat menurunkan stres dan menghalagi respons inflamasi.

photo
Buah berry

Telur

Telur kaya akan nutrisi, di antaranya mengandung 7 gram protein serta omega-3 anti-inflamasi. Dulunya, mengonsumsi banyak telur memang sempat jadi peringatan dari para ahli medis karena dianggap dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol.

"Tubuh manusia membutuhkan kolesterol baik dari telur untuk menjaga agar sel dalam tubuh dapat berfungsi secara optimal," ujar ahli nutrisi Andrea wien.

Jadi, bagi Anda yang ingin mengonsumsi telur, Anda bisa memakannya setiap hari, baik direbus hingga matang seutuhnya maupun separuh matang. Tambahkan seperempat gelas kacang hitam dan potongan alpukat untuk membantu mengeluarkan protein antiinflamasi.

photo
Telur memiliki gizi yang sangat baik bagi anak.

 

Biji rami

Biji rami kaya akan kandungan protein. Hanya dengan dua sendok makan biji rami, Anda sudah mendapatkan 11 gram protein. Biji rami sangat mudah dimasukkan ke dalam menu diet. Untuk sarapan, campurkan oatmeal antiinflamasi dengan biji rami lalu tambahkan susu almond. Menu ini dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan protein. 

photo
Biji rami

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA