Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tanda-Tanda Anda tak Perlu Kurangi Berat Badan

Kamis 19 Jul 2018 10:34 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nur Aini

Fitnes untuk membentuk tubuh ideal, ilustrasi

Fitnes untuk membentuk tubuh ideal, ilustrasi

Foto: Nonang/Republika
Tubuh ideal memiliki sejumlah tanda yang menunjukkan tak perlu menurunkan berat badan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kalanya angka berat badan di timbangan tidak pernah turun meski sudah berolahraga secara teratur. Tidak perlu kecewa, bisa jadi anda memang tidak perlu menurunkan berat badan.

Pakar kesehatan mengatakan jika tidak menemukan perubahan dalam berat badan, maka anda berada dalam berat badan yang tepat. Ada beberapa tanda yang menunjukkan seseorang tidak perlu menurunkan berat badan.

1.    Merasa energetik sepanjang waktu

Dilansir dari Times of India, Kamis (19/7), tubuh yang sakit atau kelebihan berat badan dapat membuat anda merasa lesu sepanjang waktu. Tetapi jika anda bugar dan memiliki berat badan yang tepat, energi anda akan meledak sepanjang waktu.
 
2.    Tidur nyenyak

Berat badan akan sangat mempengaruhi cara hidup bahkan pola tidur anda. Jika berat badan tepat, artinya tubuh anda sehat dan membantu tidur nyenyak.

3.    Angka berat badan stabil

Bila anda relatif dekat dengan tujuan penurunan berat badan dan angkanya tidak menurun jauh, artinya tubuh anda memiliki berat badan yang tepat. Jika anda tidak yakin tentang berat badan yang tepat, konsultasikan dengan seorang ahli untuk mengetahuinya.

4.    Ukuran lingkar pinggang

Cara lain untuk mengetahui berat badan adalah dengan memeriksa lingkar pinggang. Untuk hal itu, anda harus tahu body mass index (BMI) yang benar kemudian ukur pinggang anda dengan bantuan ahli.

5.    Tipe tubuh

Persentase lemak tubuh mencerminkan banyak tentang kebugaran anda. Ada skenario di mana orang dengan berat badan normal dapat memiliki kelebihan lemak. Ada pula beberapa orang yang tampak gemuk, tetapi memiliki persentase lemak tubuh yang sehat. Dengan menganalisis lemak tubuh, anda bisa mengetahui kebugaran tubuh.

Baca: Jenis Apel Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA