Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Rahasia Kulit Wajah Terhindar dari Tanda Penuaan Dini

Kamis 28 Jun 2018 06:50 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ani Nursalikah

Konsumsi sayuran hijau membantu memerangi penuaan dini di kulit.

Konsumsi sayuran hijau membantu memerangi penuaan dini di kulit.

Foto: Republika/Prayogi
Ada baiknya memilih produk perawatan wajah yang mengandung unsur retinol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Munculnya tanda-tanda penuaan dini pada wajah kerap dianggap mimpi buruk hampir semua wanita. Bagi Anda yang tidak ingin dihinggapi permasalahan kulit wajah ini, ada baiknya memilih produk perawatan wajah yang mengandung unsur retinol.

Retinol merupakan Vitamin A yang juga bisa ditemukan pada sayuran hijau seperti bayam dan brokoli. Retinol dapat membantu mempercepat pergantian kulit, meningkatkan peredaran ke kulit, mengurangi pigmentasi dan produksi minyak ke kulit.

Menurut konsultan fisika dari College London University, Ifeoma Ejikeme, seiring pertambahan usia, sel kulit akan menua dan daya kerjanya akan menurun. "Oleh karena itu diperlukan retinol yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti jerawat, keriput hingga age spot," ujar Ejikeme.

Meski demikian, Ejikeme yang juga merupakan direktur medis di Adonia Medical Clinic mengatakan, menggosokkan langsung bayam atau brokoli pada wajah tidak akan bisa memberikan manfaat retinol. Cara yang efektif yaitu menggunakan krim atau serum mengandung retinol.

Terkait jumlah kandungan yang ideal, Ejikeme menyarankan untuk memilih produk krim yang jumlah kandungan retinaldehiyde-nya hanya 0,05 persen saja. Dilansir di Woman Magazine, studi menunjukkan hasil bisa dirasakan setelah penggunaan rutin setiap hari selama tiga bulan.

Untuk melindungi kulit, Ejikeme juga menyarankan untuk selalu menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi ketika mengaplikasikan produk retinol. Jika Anda tengah menjalankan perawatan tertentu, penggunaan produk retinol sebaiknya dikonsultasikan terlebuh dulu dengan terapis Anda.

"Produk retinol tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui karena bisa menyebabkan kecacatan pada anak," kata Ejikeme.

Menurut direktur penelitian produk perawatan kulit Paula's Choice, Bryan Barron, cara terbaik mengaplikasikan retinol ke kulit adalah melalui produk berupa losion atau gel. Jika dalam bentuk pembersih, retinol akan mudah terbilas dari kulit sebelum sempat bekerja.

"Gel lebih cepat menyerap ke kulit dibandingkan losion dan krim, sehingga bagi orang dengan kulit ekstra sensitif harus mengawali dengan produk retinol dalam moisturising base," kata Barron.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA