Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Lima Makanan Anti Inflamasi Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Selasa 26 Jun 2018 17:46 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Telur rebus.

Telur rebus.

Foto: Pixabay
Peradangan dalam tubuh menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang munculkan lemak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai makanan dengan bermacam-macam warna dan nutrisi ternyata berkontribusi pada penampilan seseorang. Pastikan menu makanan memiliki nutrisi lengkap seperti protein, serat, lemak baik, dan karbohidrat.

Lebih baik lagi, makanan yang dikonsumsi bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti peradangan). Sebab, peradangan dalam tubuh menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang meningkatkan lemak perut. Hal ini akan membuat penurunan berat badan menjadi sulit.

Berikut ini merupakan lima makanan lezat yang termasuk kategori anti inflamasi.

 

1.    Alpukat

Ahli gizi iFit, Michelle Alley mengatakan alpukat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Buah berwarna hijau ini juga merupakan anti inflamasi alami yang mengandung asam lemak tidak jenuh, serat, vitamin A, C, E, K dan banyak vitamin B. Alley menyarankan konsumsi alpukat dengan takaran 100 kalori.

“Ini membantu anda melihat alpukat sebagai lemak sehat dibanding buah,” kata Alley, seperti yang dikutip dari SheFinds, Selasa (26/6).

photo
Alpukat, salah satu sumber lemak baik.

 

2.    Teh kunyit

Kunyit mengandung kurkumin sebagai senyawa anti inflamasi dan antioksidan alami . Teh kunyit dapat diminum pada pagi atau sore hari. Kunyit akan mendetoksifikasi sel dan membantu menghilangkan lemak di perut.

photo
Kunyit.

 

3.    Ikan salmon

Ahli nutrisi di Savorfull, Stacy Goldberg mengatakan mengkonsumsi salmon Alaska liar mengurangi peradangan pada tubuh. Alasannya, asam lemak omega 3 membantu tubuh membakar lemak. Pilihlah salmon liar daripada salmon peternakan karena memiliki lebih banyak omega 3.

 

photo
Ikan salmon kaya akan kandungan kalsium.

 

4.    Kacang kenari

Kenari merupakan makanan anti inflamasi yang tinggi asam lemak omega 3. RD Avocado Grave Nutrition & Wellness, Melissa Groves mengatakan penelitian terbaru menunjukkan orang yang makan kenari merasa kurang lapar dan memiliki kendali impuls yang lebih baik ketika terpapar makanan menggoda. Segenggam kenari bisa menjadi kudapan sore yang sehat.

 

photo
Kacang kenari

 

5.    Telur

Ahli nutrisi Andrea Wise mengatakan manfaat tubuh sebenarnya ada pada kuning telur. Protein dan lemak sehat dalam telur memberikan rasa kenyang. Penelitian menunjukkan orang yang makan telur untuk sarapan kehilangan berat badan dan lemak lebih banyak daripada orang yang sarapan dengan bagel dan sereal.

photo
Telur ayam.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA