Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Agar Tidur Bisa Lebih Nyenyak

Kamis 03 May 2018 08:55 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Yudha Manggala P Putra

Perempuan tidur. Ilustrasi

Perempuan tidur. Ilustrasi

Foto: Health
Tidur nyenyak memengaruhi daya ingat, konsentrasi, dan kejernihan berpikir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur nyenyak di malam hari adalah harapan semua orang. Tubuh harus cukup istirahat supaya rutinitas harian tetap berjalan optimal.

Wanita mengalami gangguan tidur lebih sering ketimbang pria, salah satunya akibat terlalu banyak melakukan multitugas. Kebiasaan tidur buruk mengurangi daya ingat, konsentrasi, kejernihan berpikir, sehingga memengaruhi produktivitas dan kesuksesan.

Berikut beberapa tips agar kuantitas dan kualitas tidur malam terjamin, dilansir dari US News, Kamis (3/5).

Pertama, pergilah ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Ini membuat jam biologis tubuh tetap sinkron.

Kedua, Anda tidak bisa mengganti kekurangan tidur selama lima atau enam hari kerja dengan tidur seharian di akhir pekan. Buatlah rutinitas malam hari yang menstimulasi Anda cepat tertidur dan beristirahat.

Ketiga, pilih aktivitas santai, seperti membaca buku yang tidak berhubungan dengan pekerjaan sebelum tidur. Hindari menonton televisi, membuka laptop, dan bermain ponsel.

Keempat, cobalah menjauh dari layar gadget Anda satu atau dua jam sebelum tidur. Latihlah ini secara teratur agar kualitas istirahat Anda di malam hari aman terkendali.

Kelima, hindari mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol sebelum tidur. Anda bisa melakukan peregangan, latihan pernapasan, yoga atau meditasi untuk membantu tubuh mentransisikan pikiran.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA