Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan tanpa Diet

Sabtu 28 Apr 2018 14:18 WIB

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra

Makanan dari biji-bijian

Makanan dari biji-bijian

Foto: Cosmopolitan
Menurunkan berat badan tidak harus dengan melakukan diet ketat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seseorang terkadang ingin menurunkan berat badan dengan membatasi diri untuk tidak makan sehingga membuat diri mereka kelaparan. Padahal, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan tanpa perlu melakukan diet secara ketat seperti dilansir di laman Good House Keeping.

1. Konsumsi makanan ringan secara teratur
Mengonsumsi makanan ringan secara teratur setiap tiga sampai empat jam dapat membantu seseorang tetap kenyang dan mencegah makan secara berlebihan di kemudian hari. Cobalah makanan yang mengombinasikan protein dan serat untuk setiap makanan.

2. Tetap terhidrasi
Usahakan tetap terhidrasi dengan minum lebih banyak minuman tanpa pemanis. Hal ini juga dapat mengurangi rasa lapar. Minum delapan sampai sepuluh cangkir per hari merupakan hal ideal.

3. Tidur
Melewatkan tidur selama tujuh jam dapat mengakibatkan kebiasaan seseorang untuk ngemil atau makan di malam hari. Selain itu, dapat memperlambat metabolisme tubuh. Sehingga, usahakan tidur yang cukup agar terhindar dari kebiasaan makan di malam hari.

4. Sarapan
Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang senang sarapan biasanya mengonsumsi sekitar 100 kalori lebih sedikit selama sehari dan beratnya berkurang dari mereka yang melewatkan sarapan pagi. Selain itu, sarapan juga dapat membantu otak seseorang berpikir secara jernih dan berfungsi optimal sampai makan siang.

5. Makan biji-bijian (serelia)
Biji-bijian (serelia) dicerna secara perlahan sehingga dapat menjaga gula darah tetap stabil dan rasa lapar terkendali. Hal ini juga yang mungkin menunjukan bahwa mengapa wanita dalam sebuah studi yang dilakukan Harvard mengonsumsi banyak biji-bijian lebih sedikit menaikan berat badan daripada mereka yang mengonsumsi banyak biji-bijian olahan seperti roti, kue, dan lainnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA