Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Lima Jenis Makanan yang tak Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Ahad 25 Mar 2018 00:27 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Endro Yuwanto

Keju (ilustrasi)

Keju (ilustrasi)

Foto: Blogspot.com
Ada pula beberapa jenis makanan yang memiliki efek tak baik bagi kualitas tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan tidur di malam hari. Salah satunya adalah dengan memperhatikan makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum tidur.

Ahli ilmu tidur Sammy Margo mengatakan, beberapa makanan dapat membantu seseorang untuk tidur lebih baik. Namun, ada pula beberapa jenis makanan yang memiliki efek sebaliknya terhadap kualitas tidur.

"Meski sebagian makanan dan minuman terasa menghangatkan, ada yang terasa pedas, berkafein maupun tinggi lemak dan protein sehingga dapat menganggu tidur," ujar Margo dilansir NetDoctor belum lama ini.

Margo mengungkapkan setidaknya ada lima makanan yang tak baik dikonsumsi sebelum tidur. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan tersebut.

Alkohol termasuk salah satu yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Satu gelas alkohol saja sudah cukup untuk membuat seseorang sulit tertidur lelap.

Margo juga tidak menganjurkan konsumsi keju sebelum tidur. Kandungan asam amino dan tyramine yang tinggi pada keju dapat membuat otak menjadi lebih terjaga sehingga sulit untuk tidur.

Konsumsi makanan pedas juga sebaiknya dihindari sebelum tidur. Kadar capsaicin yang tinggi pada makanan pedas akan membuat tubuh lebih sulit untuk mengatur suhu tubuh.

Makanan berlemak juga termasuk jenis makanan yang tidak disarankan Margo untuk dikonsumsi menjelang waktu tidur. Menurut Margo, makanan berlemak sulit untuk dicerna dan memiliki kemungkinan menyebabkan sensasi heartburn. Hal ini akan membuat seseorang merasa kurang nyaman di malam hari.

Minuman yang juga tidak direkomendasikan Margo untuk dikonsumsi menjelang tidur adalah kopi. Kafein di dalam kopi akan bertahan di dalam tubuh hingga 10 jam. Oleh karena itu, konsumsi kopi sebaiknya tidak dilakukan lagi sesudah makan siang.

 

BACA JUGA: Lima Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA