Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Tips Rambut dan Kulit Sehat Sebelum dan Sesudah Berenang

Ahad 11 Feb 2018 22:05 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah

Perempuan berenang mengenakan baju renang tertutup.

Perempuan berenang mengenakan baju renang tertutup.

Foto: EPA
Air kolam renang yang mengandung klorin bisa merusak kulit dan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasakan dinginnya air di kolam renang merupakan salah satu cara membuat tubuh lebih rileks. Di sisi lain, rutin berenang terbukti membuat tubuh lebih sehat dan mencegah terserang penyakit kardiovaskular.

Akan tetapi, air kolam renang yang mengandung klorin dari penggunaan kaporit bisa merusak kulit dan rambut. Zat kimia tersebut dapat mengikis lapisan minyak dan kelembaban alami. Akibatnya kulit menjadi kering, wajah berjerawat, dan rambut berubah kusam.

Untuk menghindari risiko tersebut, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah berenang. Berikut langkah-langkah menjaga kesehatan kulit dan rambut dilansir dari Boldsky.

Sebelum Berenang

Sebelum menceburkan diri ke kolam renang, siramlah badan terlebih dahulu dengan air hangat-hangat kuku. Jangan lupa olesi rambut dengan kondisioner lalu dibilas. Rambut juga dibasuh dengan air suam-suam kuku.

Setelah itu, oleskan sunscreen di seluruh tubuh bila Anda akan berenang di luar ruangan. Sunscreen berguna melindungi kulit dari paparan klorin dan sinar matahari. Namun bila Anda berenang di kolam renang indoor, cukup oleskan krim sunscreen tipis-tipis.

Terakhir, gunakan penutup kepala saat berenang untuk meminimalisir paparan klorin pada rambut. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda akan terhindar dari iritasi kulit atau kerusakan rambut walau kerap berenang.

photo

Berenang di kolam renang umum.

Setelah Berenang

Usai berenang, segeralah mandi dan keramas dengan air bersih. Mandi bertujuan membasuh kandungan kimia air kolam yang menempel di tubuh. Penggunaan air hangat kuku masih disarankan saat membilas diri setelah berenang. Jangan gunakan air yang terlalu panas karena bisa mengikis kelembaban alami kulit.

Keramasi juga rambut Anda kendati sudah terlindung oleh penutup kepala selama berenang. Bahan-bahan kimia bisa saja menempel di tengkuk dan kulit kepala sehingga keramas adalah hal penting yang tak boleh dikesampingkan. Gunakan lagi kondisioner usai keramas agar rambut tetap halus dan sehat.

Selesai mandi, bersihkan wajah menggunakan pembersih. Tujuannya sama, menghilangkan sisa-sisa bahan kimia yang kemungkinan masih menempel di wajah. Langkah terakhir adalah mengaplikasikan pelembab di seluruh tubuh. Penggunaan pelembab mampu mencegah kulit kering.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA