Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Ancol Tambah Bleach Cleaner untuk Jaga Kualitas Pantai

Kamis 04 Jan 2018 20:04 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ancol menambah bleach cleaner untuk menjaga kualitas pantai.

Ancol menambah bleach cleaner untuk menjaga kualitas pantai.

Foto: ancol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ancol menambah bleach cleaner untuk menjaga kualitas pantai. Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengatakan alat ini dioperasikan tiga kali dalam sepekan dengan kisaran waktu 2-3 jam.

"Kami melakukan investasi tidak hanya dengan penambahan pasir putih sepanjang 3,5 KM tetapi juga hadirkan beach cleaner agar pengunjung nyaman menikmati pantai Ancol," kata Teuku Sahir Syahali.

Hamparan pasir putih sepanjang 3,5 Km terbentang dari pantai lagoon sampai carnaval Taman Impian Jaya Ancol. Area pantai yang menjadi destinasi favorit pengunjung berwisata ke Ancol terus dijaga kualitasnya. Beach Cleaner atau mesin pembersih pantai didatangkan langsung dari Amerika Serikat. Alat ini dihadirkan pada akhir 2017. Berfungsi sebagai penyaring pasir dari sampah atau kotoran yang berada dipermukaan maupun didalam pasir.

Cara kerjanya, alat ini akan melewati pasir dan menyerap sampah sekaligus memisahkannya dari pasir tersebut. Dengan sistem vacum (penyedotan) seluruh sampah yang terangkut akan terpilah dan menumpuk di bak yang terdapat dalam alat beach cleaner. Daya tampung sampah dalam bak tersebut sekitar 1.500 kg atau setara dengan 1,5 ton sampah. Alat ini mampu membersihkan area pantai seluas 7 ha perjam.

Manajemen juga berharap agar wisatawan yang berekreasi di area pantai ikut menjaga kebersihan pantai untuk membuang sampah pada tempatnya. Sebab tempat sampah juga tersedia sangat cukup di sepanjang area pantai. Terlebih sampah yang dihasilkan kebanyakan kemasan makanan dan minuman serta puntung rokok yang dibuang sembarangan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA