Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Memperbaiki Rambut Rusak Cara Rumahan

Kamis 04 Jan 2018 08:54 WIB

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari

Rambut adalah mahkota yang harus dirawat agar selalu sehat dan menunjang penampilan.

Rambut adalah mahkota yang harus dirawat agar selalu sehat dan menunjang penampilan.

Foto: Republika/Raisan Al Farisi
<p>REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki rambut bermasalah terkadang membuat seseorang stres dan tidak percaya diri. Beberapa rela mengeluarkan uang banyak demi memperbaiki masalah rambut.

Kalau tak punya banyak uang coba cara murah memperbaiki rambut rusak. Yaitu dengan barang-barang dan bahan yang tersedia di rumah.

Perbaiki kerusakan dengan alpukat
Cara pertama memperbaiki rambut rusak dengan memanfaatkan buah yang ada di dapur Anda. Buah alpukat misalnya. Stephen Sanna, ahli pewarna di Pierre Michel Salon di New York City menjelaskan alpukat kaya akan vitamin, asam lemak esensial, dan mineral yang akan membantu mengembalikan keharuman pada rambut Anda.

Hancurkan satu buah alpukat matang dengan tambahan satu butir telur, lalu oleskan obat rumah ini pada rambut yang basah. Biarkan selama paling sedikit 20 menit, lalu bilas beberapa kali. Ulangi sekali seminggu untuk rambut yang rusak dan sebulan sekali untuk rambut sehat.

Pijat dengan mentega
Manjakan rambut kering dan rapuh Anda dengan sedikit mentega untuk rambut tampak berkilau. Pijat pada rambut kering Anda, lalu tutupi rambut Anda dengan tutup shower cap sekitar setengah jam. Kemudian sampo seperti biasa, dan bilas hingga bersih unutk menghilangkan sisa mentega.

Nutisikan dengan minyak zaitun
Jaga kelembaban pada rambut kering Anda dengan menghangatkan setengah cangkir minyak zaitun (jangan merebusnya), lalu gosokkan pada rambut Anda. Tutupi rambut yang sudah dibalur minyak dengan kantong plastik, lalu bungkus semuanya dengan handuk. Biarkan ramuan rumah ini selama 45 menit, lalu keramas dan bilas.

Bilas dengan teh
Sebagian orang mungkin menganggap teh sebagai obat sakit tenggorokan, tapi Anda juga bisa menggunakannya untuk memberi warna rambut secara alami. Gunakan satu liter teh hangat dan tanpa pemanis sebagai bilasan terakhir setelah sampo biasa Anda. Teh bisa meningkatkan warna rambut, jadi pastikan untuk menggunakan teh yang sesuai dengan warna rambut Anda. Untuk yang berambut pirang sebaiknya menggunakan teh chamomile, teh hitam bisa menggelapkan rambutnya. Pemilik rambut kecokelatan sebaiknya menggunakan teh hitam untuk meningkatkan kilau dan memperkaya warna.

Siapkan masker cuka sari apel
Kombinasikan satu sendok teh cuka sari apel dengan dua sendok makan minyak zaitun dan tiga putih telur. Kemudian gosokkan campuran ke rambut Anda. Jaga agar rambut Anda tertutup sekitar setengah jam dengan menggunakan bungkus plastik atau tutup shower, lalu keramas dan bilas. Cara ini dapat membantu Anda memperbaiki rambut yang rusak ataupun kering.

Buat sampo omelet
Campurkan satu telur dengan sedikit sampo, lalu oleskan ke rambut rusak selama lima menit dan bilas dengan baik. Perawatan ini membantu meningkatkan protein di rambut Anda.

Perlakukan dengan minyak botani
Zaitun, jojoba, dan minyak almond manis adalah obat mujarab yang bagus untuk rambut yang rusak. Jika rambut Anda tebal dan berat, olesan minyak kelapa akan bekerja dengan baik. Basahi rambut Anda dan oleskan sedikit minyak botani pada seluruh batang rambut. Kemudian tutup dengan shower cap dan handuk hangat selama sekitar 30 menit. Lalu bilas dan keramasi rambut Anda.

Cobalah minyak kayu cendana
Campur beberapa tetes minyak kayu cendana dengan beberapa tetes minyak zaitun atau jojoba, gosok campuran di telapak tangan Anda, lalu ratakan dari ujung rambut yang rapuh atau kering. Atau, Anda juga bisa menyemprotkan beberapa tetes lotion tangan di telapak tangan Anda dan meratakannya pada rambut yang rusak.

Bungkus basah rambut yang kering
Alih-alih menggosok rambut setelah Anda membuatnya basah, bungkus rambut Anda yang rusak dengan handuk berbahas kapas, dan biarkan kapas menyerap kelembaban selama beberapa menit. Ini membantu melindungi terhadap perpecahan yang lebih jauh.

Biarkan rambut tergerai
Jika Anda biasanya menguncir rambut, luangkan beberapa jam sehari untuk memberi rambut Anda jeda. Selain itu, usahakan jangan sampai menarik rambut terlalu kencang. Dan jangan pernah tidur dengan aksesoris apapun di rambut Anda.

Makan omega-3
Ambil satu sampai tiga kapsul 250 miligram minyak borage, minyak evening primrose, atau minyak biji rami satu sampai tiga kali sehari. Semua kaya akan asam lemak omega-3 seperti asam gamma-linolenat, sangat bagus untuk menjaga agar rambut dan kuku tetap lembab, kata Kathleen W. Wilson, MD, seorang internis di Ochsner Health Center di New Orleans dan penulis When You Think You Are Falling Apart, dilansir dari Reader's Digest.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA