Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Ilmuwan Temukan Cara Efektif Tingkatkan Memori

Kamis 04 Jan 2018 08:10 WIB

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari

Membaca buku

Membaca buku

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teka-teki silang dan olahraga hanyalah beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan daya ingat. Tetapi untuk benar-benar memberi dorongan pada otak Anda, Anda bisa mengambil tips sederhana ini yang tidak Anda pelajari di sekolah.

Peneliti dari University of Waterloo di Kanada telah menemukan cara termudah untuk memperbaiki ingatan Anda. Penelitian mereka, baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Memory, menunjukkan bahwa membaca dengan saksama dapat meningkatkan kemampuan mengingat sebanyak 15 persen.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan meminta 95 peserta untuk menguji empat metode untuk mempelajari informasi tertulis. Pertama, membaca tanpa suara, mendengar orang lain membaca, membaca dengan suara keras, dan mendengarkan rekaman pembacaan diri. Hasilnya, peserta yang membaca informasi dengan suara keras menunjukkan tingkat retensi terbaik dengan kenaikan kecepatan belajar lima sampai 15 persen.

“Ucapkan informasi yang ingin Anda ingat dengan lantang dan Anda akan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengingatnya. Ya, sesederhana itu!” ujar psikolog dan rekan penulis studi Colin MacLeod, seperti dilansir Reader's Digest.

Efek kombinasi bicara dan pendengaran sendiri adalah kunci untuk memberi ingatan Anda dorongan, kata para ilmuwan. Disebut "efek produksi," membacakan dengan keras memungkinkan otak kita menyimpan informasi itu dalam ingatan jangka panjang kita.

Belajar lima persen lebih banyak informasi tidak menjamin membawa perubahan besar terhadap kemampuan mengingat. Tapi dibandingkan dengan keanggotaan gym yang mahal atau tumpukan teka-teki silang, sangat sederhana dan murah dengan hanya membuka mulut dan omongan Anda unutk meningkatkan kemampuan mengingat.

Jadi, pada saat Anda sedang mempersiapkan ujian besar atau menjejalkan presentasi kantor yang penting, luangkan waktu untuk mencobanya.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA